Persyaratan Orang Asing yang Ingin Menjadi Penduduk Tetap di Jepang Dipermudah




Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah pekerja asing di Jepang kian meningkat. Hal ini seiring dengan semakin menurunnya generasi muda di Negeri Sakura sekarang ini.

Jepang memang sedang dihadapi permasalahan serius perihal populasi. Mayoritas penduduknya sekarang memasuki usia tidak produktf untuk bekerja namun tidak terjadi regenerasi karena menurunnya angka kelahiran bayi.

Pemerintah Jepang lewat Kementerian Kehakiman akan mempermudah persayaratan untuk para pekerja asing di negara mereka yang ingin menjadi permanen residen.

Setelah pekerja asing tinggal di Jepang selama satu tahun, mereka bisa mengajukan diri untuk menjadi warga negara Jepang. Aturan sebelumnya mengharuskan mereka untuk menetap di Jepang selama lima tahun.

Kebijakan tersebut akan mulai diberlakukan pada akhir Maret 2017 dengan harapan untuk memberikan dorongan ekonomi dan meningkatkan produktivitas.

Dengan aturan ini, diharapkan juga akan berguna untuk para pekerja profesional asing sehingga nantinya mereka bisa mendapatkan kesempatan kerja yang luas, bisa membeli rumah dengan pinjaman, dan tidak mengalami permasalahan imigrasi yang bisa menjerat mereka.

Pekerja asing yang diperbolehkan mendapatkan warga negara harus memenuhi berbagai syarat. Mereka harus seorang profesional yang memiliki catatan pendidikan baik, pengalaman kerja, dan penghasilan yang mampu menutupi 70% biaya hidup sesuai ketentuan imigrasi.

Kebijakan ini sendiri mengundang kontra dari beberapa pihak, namun Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe berharap banyak talenta muda yang bisa membantu ekonomi Jepang tetap tumbuh dari program ini.

Sumber: liputan 6

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2216 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.