Permohonan Visa WNI ke Jepang Jadi yang Terbanyak Mendapatkan Penolakan




Di tahun 2017 kemarin, sebanyak 7181 orang asing ditolak permohonan visanya untuk mengunjungi Jepang. Dari jumlah tersebut, 1420 adalah orang Indonesia atau yang berarti 19,8%. Meski masih jadi yang terbanyak, angka ini mengalami penurunan dari tahun lalu yang mencapai 28,9%.

Salah satu alasan banyaknya permohonan visa ditolak adalah semakin banyak orang Indonesia berada di Jepang dengan stastus ilegal sejak diberlakukannya bebas visa bagi pengguna e-paspor. Pemberlakuan bebas visa bagi pengguna e-paspor nyatanya banyak yang salah gunakan. Tidak sedikit orang Indonesia yang tak kembali ke Tanah Air saat waktu visa kunjungan mereka berakhir.

Di tahun 2014,  jumlah visa WNI yang ditolak Jepang hanya 40 orang. Meski jumlah penolakan warga Indonesia masih yang terbanyak, hal ini membuktikan jika kini Negara Sakura menjadi salah satu tujuan berlibur utama orang Indonesia karena jumlah turis Indonesia yang berkunjung ke Jepang juga terus mengalami kenaikan.

Semakin rajinnya Dinas Pariwisata Jepang melakukan promosi dan menggelar travel fair di Indonesia menjadi salah satu alasan orang Indonesia semakin rajin ke Jepang.

Sementara setelah warga Indonesia, visa dari warga Tiongkok dan Thailand jadi yang terbanyak kedua dan ketiga yang ditolak masuk ke Jepang. Alasan penolakan visa tersebut karena banyak yang diduga kuat berbohong atas tujuan kunjungan mereka Jepang.

Sumber: tribunnews

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2132 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.