Perilaku Jujur Seorang Tukang Sampah di Jepang yang Menemukan Uang 5 Miliar Rupiah




Selain dikenal sebagai pekerja keras, orang Jepang juga dikenal sebagai pribadi yang jujur. Meski tidak semuanya, namun sebagian besar orang Jepang tidak akan mengambil barang yang bukan menjadi milik mereka.

Perilaku jujur ini ditunjukan oleh seorang tukang sampah di kota Numata yang terletak di Prefektur Niigata. Pria berusia 63 tahun yang tidak disebutkan namanya itu menemukan setumpuk uang tunai di tempat pembuangan sampah di kota Numata hari Kamis (7/4) kemarin.

Jumlah uang yang ditemukannya pun sangat fantastis, yaitu sebesar 42,5 juta yen atau sekitar 5 miliar rupiah. Merasa uang tersebut bukan haknya, ia pun membawanya ke kantor polisi terdekat dan melaporkan penemuannya.

Melansir harian Mainichi, polisi kemudian mengumumkan temuan uang itu dan mempersilakan pemilik uang untuk datang dengan membawa bukti-bukti yang meyakinkan.

Kejadian ini bukannya yang pertama di Jepang. Pada tahun 2012, sisa uang kertas dengan nilai total sebesar 10 juta yen atau setara dengan 1,2 miliar rupiah muncul dari mesin penghancur sampah di Hiroshima. Polisi akhirnya mengumpulkan 2.300 bagian dari sisa-sisa uang itu dan menyimpulkan tumpukan uang itu disimpan di dalam perabot lalu dilupakan pemiliknya.

Beberapa tahun sebelumnya, sebuah fasilitas pengolahan sampah di Prefektur Gifu menemukan uang kertas dan logam bernilai 6,5 juta yen dalam kondisi sobek atau rusak. Sesuai hukum yang berlaku di Jepang, siapa saja yang menemukan uang dan menyerahkannya ke polisi berhak mendapatkan hadiah sebesar 5-20 persen dari nilai total uang tersebut.

Jika dalam tiga bulan uang tersebut tak diambil sang empunya maka sang penemu berhak menyimpan uang tersebut.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.