Penurunan Tarif Taksi di Tokyo Berhasil Tingkatkan Penghasilan Perusahaan




Taksi Jepang

Keputusan untuk menurunkan tarif taksi di wilayah Tokyo ternyata berhasil mendongkrak penghasilan perusahaan taksi. Melansir Tribunnews, keuntungan perusahaan rata-rata naik 2,8 persen.

Tarif taksi sekarang ini menjadi menjadi 410 yen per dua kilometer atau turun hampir 50% dari tarif sebelumnya yang sebesar 710 yen.

“Hasil perhitungan dan perbandingan kami pada bulan yang sama di tahun lalu dengan tahun kini, ternyata penghasilan naik 2,8 persen rata-rata per bulan. Cukup baik memang,” ungkap Komiya, seorang sopir taksi yang berbasis di Tokyo.

Kementerian Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi Jepang tahun lalu memutuskan untuk mengubah tarif taksi. Tujuannya tentu agar semakin banyak penduduk Jepang yang menggunakan taksi. Tarif tokyo di Jepang sendiri memang dikenal sangat mahal, bahkan untuk penduduk lokal sekalipun.

Menurut data Kementerian Transportasi tersebut, pemakaian di bulan yang sama dibandingkan tahun lalu (2016) juga meningkat rata-rata 35,7 persen untuk dua kilometer pertama. Kemudian penggunaan di atas dua kilometer pertama meningkat penggunaan oleh masyarakat sekitar 18,7 persen.

Sedangkan penggunaan taksi untuk jarak tempuh panjang 6,5 kilometer atau lebih tidak ada perubahan sama seperti tahun lalu. Umumnya yang semakin banyak memanfaatkan taksi kali ini adalah kalangan lanjut usia, sesuai target dan rencana menurunkan tarif taksi tersebut.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2225 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.