Penting! Tips Untuk Menaiki Kereta di Jepang




Banyak hal yang harus diketahui sebelum naik kereta di Jepang

Jika di Indonesia kalian terbiasa dengan naik kendaraan pribadi ataupun alat transportasi online yang sekarang sekarang sedang populer di Indonesia, saat berada di Jepang sebaiknya persiapkan diri kalian untuk naik kereta yang menjadi moda transportasi utama penduduk Jepang.

Baca Juga
Menyatakan ”I Love You” dalam 47 Dialek Jepang
Tak Perlu Takut Tersesat, Hyperdia adalah Jawabannya
Jika Jadwal Kereta di Jepang Terlambat, Petugas Kereta Meminta Maaf Kepada Penumpang
Panduan Membeli IC Card di Jepang

Transportasi berbasis online seperti uber sebenarnya juga ada di Jepang, namun harus diperhatikan jika harganya sangat mahal, begitupun juga dengan tarif taksi.

Menaiki kereta di Jepang mempunyai banyak perbedaan dengan di Indonesia. Berikut tips penting untuk naik kereta di Jepang.

1. Membeli tiket kereta

DCIM100GOPROGOPR8079.

Setelah sampai stasiun, langkah selanjutnya adalah membeli tiket kereta. Untuk mempermudah sebaiknya kalian membeli IC Card. Di setiap wilayah Jepang memiliki kartu yang berbeda. Untuk di Tokyo, IC Card yang berlaku adalah Suica dan Pasmo.

2. Perhatikan jalur kereta

jalur-yamanote

Berbeda dengan di Indonesia, jalur kereta di Jepang, terutama Tokyo sangatlah rumit karena memiliki banyak jalur Yang harus diperhatikan adalah warna jalur dari kereta yang ingin kalian tumpangi. Petunjuk jalur kereta sebenarnya mudah ditemukan di setiap stasiun.

Selain itu, meski tujuannya kadang sama, ada jalur yang memiliki rute lebih cepat daripada jalur lainnya dan dengan harga tiket yang lebih murah.  Jika kesulitan, sebaiknya cek terlebih dahulu dengan Hyperdia.

3. Antri di jalur yang sudah ditetapkan

DCIM100GOPROGOPR8123.

Untuk yang satu ini sudah jelas berbeda dengan di Indonesia. Di Jepang, sudah ditetapkan posisi di mana para penumpang untuk berdiri dan mengantri. Kalian tidak bisa berjejer sepanjang garis seperti yang biasa dilakukan penumpang kereta di Jakarta umumnya.

Jika kalian tipe penumpang yang suka menyerebot antrian saat hendak menaiki kereta, tinggalkan kebiasaan itu karena akan menjadi masalah saat hendak naik kerera di Jepang.




  • YosXrTDmZU7 Yo66777666

    keren lah di jepang 🙂