Penjara Antik Berusia Seabad di Nara Akan Disulap Jadi Hotel




Nara Juvenile Prison

Seiring dengan meningkatnya wisatawan asing yang berkunjung ke Jepang, banyak tempat yang beralih fungsi menjadi penginapan. Jika selama ini kita sering mendengar cukup banyak penjara di Eropa yang sudah diubah menjadi hotel, kini hal tersebut akan dilakukan di Jepang.

Satu penjara tua di kota Nara yang sudah berusia 100 tahun lebih akan diubah menjadi hotel. Penjara bernama Nara Juvenile Prison akan ditutup pada Maret tahun depan untuk relokasi. Hal ini juga dilakukan karena gedungnya sudah tua dan butuh direnovasi agar lebih tahan gempa.

Penjara tersebut berdiri sejak tahun 1908 dan merupakan salah satu dari 5 penjara besar yang dibangun pada Zaman Meiji. Dari awal didirikan hingga berusia satu abad, bangunan ini memang masih asli tak banyak perubahan.

Pemerintah Jepang pun berencana merenovasi gedung dan mengubah fungsinya sebagai fasilitas untuk turis, seperti hotel atau museum. Hingga akhirnya diputuskan penjara ini akan beralih fungsi menjadi hotel mengingat Nara yang pernah menjadi ibukota Jepang juga salah satu tempat wisata favorit para pelancong mancanegara.

Biaya renovasi penjara ini terbilang tidak murah. Pemerintah harus menggelontorkan biaya sebesar 3,6 juta Yen (475 juta). Hingga saat ini belum diketahui kapan renovasi akan selesai dan hotel dari bekas penjara ini akan mulai beroperasi.

Sumber: detik, japan times

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.