Penduduk Jepang Rayakan Ulang Tahun ke-83 Kaisar Akihito




Puluhan ribu orang mengunjungi Istana Kekaisaran di Tokyo untuk merayakan ulang tahun ke-83 Kaisar Akihito. Sekitar 4.700 orang menunggu di pintu utama sebelum dibuka sekitar pukul 9.30 pagi hari Jumat (23/12/2016).

Kaisar Akihito, Permaisuri Michiko, dan anggota keluarga Kekaisaran tampil di balkon istana sebanyak tiga kali pada pagi hari dan melambaikan tangan kepada para pelawat.

Dalam pidatonya, Kaisar menyampaikan rasa terima kasih atas ucapan selamat yang diterimanya. Ia kemudian mengatakan mengkhawatirkan kesehatan banyak pengungsi yang terpaksa keluar dari rumah mereka setelah kebakaran besar terjadi di Provinsi Niigata pada hari Kamis (22/12/2016).

Kaisar juga mengatakan dirinya berharap tahun 2017 akan menjadi tahun yang ceria dan damai dan bahwa ia berdoa bagi kesehatan dan kebahagiaan rakyat.

Badan Rumah Tangga Kekaisaran mengatakan lebih dari 38.000 orang mengunjungi Istana Kekaisaran pada hari Jumat. Angka tersebut adalah jumlah terbesar untuk ulang tahun Kaisar. Hal ini kemungkinan dipicu oleh pernyataan Kaisar yang menyampaikan pesan tersirat dirinya ingin turun takhta.

Sumber: NHK

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2217 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.