Penduduk Asing di Jepang Catat Rekor Tertinggi




Jepang ingin menambah pekerja asing di negaranya

Jumlah penduduk asing di Jepang mencatat rekor tertinggi sebanyak lebih dari dua juta jiwa. Biro Imigrasi Kementerian Kehakiman menyatakan bahwa hingga akhir Juni lalu ada sebanyak 2.307.388 warga asing yang tinggal di Jepang. Angka ini meningkat 75.199 jiwa atau 3,4 persen dibandingkan survei akhir Desember tahun lalu.

Peningkatan terjadi di Tokyo dan semua 46 provinsi di Jepang. Jumlah totalnya ini juga yang terbesar sejak data statistik semacam ini dimulai tahun 1959.

Berdasarkan kebangsaan, Cina menduduki peringkat pertama penduduk warga asing sebanyak 677.571 jiwa, kemudian Korea Selatan berada di urutan kedua sebanyak 456.917 jiwa dan diikuti oleh Filipina sebanyak 237.103 jiwa. Lebih dari 20 persen penduduk asing tinggal di Tokyo.

Imigrasi menyatakan bahwa pihaknya akan melakukan manajemen yang layak untuk mengatasi imigran ilegal dan menciptakan lingkungan yang bisa membuat warga asing dan orang Jepang hidup berdampingan.

Sumber: NHK

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.