Pencipta Game Legendaris ‘Pac-Man’ Tutup Usia




Masaya Nakamura

Kreator dan orang di balik kesuksesan video game Pacman, Masaya Nakamura meninggal dunia pada usia 91 tahun. Nakamura sebenarnya telah tutup usia pada tanggal 22 Januari 2017 lalu, namun baru dikonfirmasi perusahaan Bandai-Namco seminggu kemudian.

Meski demikian, perusahaan enggan memberikan detail penyebab kematian Nakamura atau informasi pribadi lainnya, karena merupakan keinginan keluarga.

“Sebuah bangunan pribadi dan pemakaman diadakan untuk keluarga, tetapi peringatan terpisah juga sedang direncanakan,” kata Bandai-Namco dalam keterangan resminya.

Pac-Man, yang dirancang oleh insinyur sekaligus video game maker, Toru Iwatani, mulai dijual pada tahun 1980, dan bersaing dengan beberapa game, salah satunya Space Invaders.

Game ini diperkirakan telah dimainkan lebih dari 10 miliar kali dan karenanya Guinness World Record menyebutnya sebagai game arcade paling sukses di dunia yang dioperasikan dengan koin.

Nakamura mendirikan perusahaan yang kemudian menjadi Namco pada tahun 1995. Nakamura juga pernah menduduki jabatan sebagai penasihat tertinggi di Namco, saat perusahaan tersebut bergabung dengan raksasa mainan Jepang, yaitu Bandai, pada tahun 2005.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2216 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.