Pemerintah Jepang Mulai Bahas Rencana Kaisar Akihito Turun Takhta




Kaisar Akihito

Pemerintah Jepang pada hari Senin (17/10/2016) membuka sesi panel pertamanya guna membahas keinginan Kaisar Akihito untuk turun takhta. Panel tersebut diluncurkan setelah pada musim panas kemarin Kaisar mengisyaratkan dirinya mungkin akan sulit untuk menjalankan tugas-tugasnya karena kondisi fisiknya yang menurun.

Pertemuan pertama panel itu dimulai di kantor perdana menteri. Ke-6 anggotanya termasuk Ketua Kehormatan Federasi Bisnis Jepang Takashi Imai dan Profesor Emeritus Universitas Tokyo Takashi Mikuriya.

Para pejabat diyakini telah menjelaskan kepada panel itu mengenai pandangan pemerintah akan sistem rumah tangga Kekaisaran serta isu-isu terkait. Para anggota panel juga diperkirakan telah membahas mengenai cara melanjutkan diskusi mereka.

Para anggota panel diharapkan untuk memastikan bahwa mereka akan berkumpul sekitar dua kali tiap bulan. Pertemuan itu nantinya akan dihadiri sekitar 15 pakar Konstitusi, sejarah, sistem rumah tangga Kekaisaran serta bidang-bidang lainnya. Ini akan memberikan mereka peluang untuk mendengar beragam pendapat akan tindakan Kaisar terkait negara dan tugas-tugas kemasyarakatannya.

Panel juga akan mencari pendapat mengenai cara-cara untuk mengurangi beban Kaisar, termasuk ketentuan Konstitusi mengenai penetapan Perwalian dan mendelegasikan tugas Kaisar secara kenegaraan.

Para anggota juga diharapkan untuk mendengar pandangan mengenai turun takhta, apakah seorang Kaisar diperbolehkan untuk turun takhta, serta status dan kegiatan Kaisar setelah turun takhta. Saat ini, undang-undang Jepang tidak memiliki ketentuan bagi Kaisar untuk mewariskan takhta selama masih hidup.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.