Pangeran Akishino Siap Menjadi Kaisar Jepang Selanjutnya




Majelis rendah parlemen Jepang sudah memutuskan untuk mengesahkan rancangan undang-undang yang mengizinkan Kaisar Akihito (83) turun tahta.

Menurut kabar yang beredar, Pangeran Akishino (57), akan menjadi Kaisar Jepang selanjutnya. Anak kedua dari Kaisar Akihito itu sendiri sudah menyatakan kesiapannya dalam meneruskan takhta sang ayah.

“Aku bersedia sepenuh jiwa dan raga untuk mengemban tugas kenegaraan yang akan diwariskan oleh Yang Mulia,” kata Pangeran Naruhito dalam sebuah konferensi pers seperti yang diwartakan oleh media Jepang Nikkei.

Pada kesempatan yang sama, ketika ditanya soal produk hukum Parlemen Jepang yang mengatur tentang pengunduran diri Kaisar Akihito, sang putra mahkota mengatakan, “Aku berusaha untuk tidak terlibat dalam urusan yang terkait sistem pemerintahan.”

Proses turun takhta itu harus diterapkan dalam tiga tahun setelah hukum baru atau akan habis masa berlakunya — dan itu hanya berlaku untuk Akihito. Menurut media Jepang, pemerintah memperkirakan Kaisar Akihito akan turun takhta pada akhir 2018.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2221 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.