Panduan Transportasi dari Bandara Narita Menuju Pusat Kota Tokyo




Ada beberapa macam Transportasi dari Bandara Narita menuju Tokyo

Jika sebelumnya The Daily Japan sudah membahas panduan transportasi dari Bandara Internasional Haneda, maka kali ini TDJ akan membahas panduan dari Narita!

Bandara Internasiona Narita, dulu dikenal sebagai New Tokyo International Airport, terletak di Kota Narita, Prefektur Chiba, 60 kilometer dari Tokyo. Narita terdiri dari 3 gedung terminal, yakni terminal 1, terminal 2, dan terminal 3.

Terminal 1 dan 2 memiliki stasiun kereta di lantai basement. Sementara itu Terminal 3 yang mayoritas melayani penerbangan murah dapat ditempuh dari terminal 2 dengan menggunakan area untuk pejalan kaki. Shuttle Bus gratis juga tersedia untuk menghubungkan ketiga terminal.

Dari segi penerbangan Internasional, Bandara Internasional Narita memiliki jumlah penerbangan yang lebih banyak dibandingkan dengan Haneda. Lokasinya relatif lebih jauh dibandingkan dengan Haneda sehingga ongkos untuk mencapai tengah kota Tokyo pun terbilang lebih mahal.

Baca Juga
Panduan Transportasi dari Bandara Haneda Menuju Pusat Kota Tokyo
Tak Perlu Takut Tersesat, Hyperdia adalah Jawabannya
Mencari Penginapan Di Jepang Dengan Airbnb
Tips Menginap di Bandara Kansai, Osaka

Sama halnya dengan Bandara Internasional Haneda, terdapat 3 pilihan untuk mencapai Tokyo dari Narita:

1. Kereta

Setidaknya terdapat 4 jenis kereta yang dapat menjadi pilihan anda untuk mencapai pusat kota Tokyo dengan menggunakan kereta dari Narita, yakni JR Narita Express, JR Sobu Line, Keisei Skyliner, dan Keisei Limited Express.

Piilihan kereta yang paling cepat adalah JR Narita Express (N’EX) karena anda dapat menempuh perjalanan dari Narita sampai ke Stasiun Tokyo hanya dalam waktu 1 jam.

Ongkos yang diperlukan untuk rute Narita-Stasiun Tokyo adalah 3.020 Yen untuk ordinary cars dan 4.560 Yen untuk green cars (first class). Sementara itu untuk sampai ke wilayah Shinagawa, Shibuya, Shinjuku, atau Ikebukuro dibutuhkan biaya sekitar 3.190 Yen untuk ordinary class dan 4.730 Yen untuk green cars (first class).

NE'X (JR Narita Express)
NE’X (JR Narita Express)

Namun anda dapat membeli tiket dengan harga lebih murah jika pulang ke tanah air via Narita kembali. NE’X menawarkan tiket pulang pergi untuk anda yang akan kembali lagi ke Narita dalam kurun waktu 2 minggu, yakni 4.000 Yen untuk dewasa dan 2.000 Yen untuk anak-anak. Harga tiket pulan-pergi tersebut berlaku untuk semua tujuan.

Dengan demikian, anda dapat berhemat sekitar 2.000 Yen karena jika membeli tiket regular, biaya pulang pergi Narita-Stasiun Tokyo adalah 6.040 Yen. Kereta tersedia di Terminal 1, 2, dan 3 Bandara Internasional Narita dan terdapat pula keberangkatan setiap 30 menit.

Pembelian tiket dapat dilakukan di JR East Travel Service Center dan JR Ticket Offices. Untuk pemegang JR Pass, anda dapat menggunakannya dan tidak perlu membayar.

Namun terdapat pula kereta JR lainnya yang dapat menjadi alternatif bagi para pelancong dengan budget yang lebih ketat. Terdapat kereta JR Sobu Line (Rapid Service) dengan biaya 1.320 Yen untuk mencapai Stasiun Tokyo.

Jarak tempuhnya memang lebih lama, yakni 90 menit. Anda juga dapat menggunakan JR Pass untuk layanan kereta ini, tetapi akan lebih cepat dan efisien jika menggunakan JR Pass untuk menaiki NE’X.

Pilihan lainnya adalah Keisei Skyliner yang juga dapat diakses dari Terminal 1, 2, dan 3. Keisei Skyliner bisa menjadi opsi utama bagi anda yang ingin langsung menuju Stasiun Ueno atau Nippori.

Dapat juga menjadi opsi bagi anda yang kereta lanjutannya dihubungkan oleh kedua stasiun tersebut. Biaya yang dikenakan adalah 2.470 Yen untuk dewasa dan 1.240 Yen untuk anak-anak.

Keisei Skyliner
Keisei Skyliner

Namun anda bisa mendapatka potongan harga jika melakukan pembelian online melalui web Keisei Skyliner. Potongannya memang tidak seberapa, yakni menjadi 2.200 Yen untuk dewasa dan 1.100 Yen untuk anak-anak. Waktu tempuhnya relatif lebih cepat, yakni 40 menit.

Jika anda ingin opsi yang lebih murah lagi, terdapat Keisei Limited Express yang juga menghubungkan Narita ke Stasiun Ueno. Biayanya hanya 1.030 Yen. Tetapi sesuai dengan harga yang ditawarkan, maka waktu tempuhnya pun lebih lama, yaitu 70 Menit.

2. Bus

Bus akan menjadi pilihan yang nyaman bagi anda yang tidak ingin selalu memegang koper atau barang bawaan lainnya karena dapat dimasukan ke bagasi.

Terdapat 3 pilihan bus yang dapat anda gunakan dari Narita untuk mencapai pusat kota Tokyo, yakni Limousine Bus, Tokyo Shuttle, dan The Access Narita.

Limousine Bus menghubungkan dari Narita ke sejumlah hotel besar di Tokyo dengan harga 3.100 Yen untuk sekali perjalanan. Namun anda juga dapat membeli membeli tiket pulang pergi yang lebih murah yakni 4.500 Yen untuk dewasa dan 2.250 Yen untuk anak-anak.

Harga tersebut membuat anda berhemat sekitar 1.700 Yen karena tiket pulang-pergi normalnya adalah 6.200 Yen. Tiket tersebut dinamakan “Welcome to Tokyo Limousine Bus Return Voucher” dan dapat dibeli di Narita Airport Limouse Bus Ticket Counter.

Selain itu, terdapat bus yang jauh lebih murah, yakni Tokyo Shuttle. Anda dapat memesan terlebih dahulu tiket bus Tokyo Shuttle dari web Keisei agar mendapatkan harga 900 Yen. Namun jika anda tidak melakukan pemesanan terlebih dahulu akan dikenakan biaya 1.000 Yen.

Tokyo Shuttle
Tokyo Shuttle

Namun jika anda ingin ke Narita dari Tokyo dan tidak melakukan pemesanan terlebih dahulu, anda bisa saja dikenakan biaya jauh lebih mahal untuk bus yang berangkat tengah malam dan subuh, yakni sebesar 2.000 Yen.

Keberangkatan sebelum jam 6 pagi akan dikenakan biaya tersebut. Bus paling pertama meninggalkan Stasiun Tokyo pada pukul 1.30 waktu setempat sehingga memungkinkan mengejar pesawat paling pagi. Tokyo Shuttle menghubungkan Narita ke Yaesu Exit Stasiun Tokyo.

Salah satu pilihan bus murah lainnya adalah The Access Narita yang menghubungkan anda dari Narita ke Stasiun Tokyo atau Stasiun Ginza. Jika anda ingin melanjutkan perjalanan dengan JR, maka lebih baik turun di Stasiun Tokyo.

Sementara itu, jika ingin melanjutkan perjalanan dengan subway, maka lebih baik menggunakan Stasiun Ginza. Perjalanan anda akan dikenakan biaya 1.000 Yen untuk dewasa dan 500 Yen untuk anak-anak untuk satu kali perjalanan.

Anda hanya perlu langsung mengantri di perhentian bus nya tanpa harus terlebih dahulu membeli tiket di kaunter. Terdapat pula toilet di bus yang membuat perjalanan anda akan lebih nyaman.

Perjalanan dengan bus dari Narita memakan waktu sekitar 60-90 menit.

3. Taksi

Mengingat jauhnya lokasi Narita dari pusat kota Tokyo, Taksi tidak disarankan untuk para pelancong. Perjalanan dengan menggunakan taksi dari Narita akan berkisar 20.000-28.000 Yen.

Taksi dari Narita
Taksi dari Narita

Dengan demikian, untuk anda yang ingin mencapai pusat kota Tokyo dengan cepat, maka dapat menggunakan NE’X atau Keisei Skyliner.

Sementara itu jika anda ingin yang lebih murah tanpa harus repot-repot selalu menjaga barang bawaan, maka anda dapat menggunakan bus.

Foto: Google

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.