Panduan Transportasi dari Bandara KIX Menuju Osaka dan Kyoto




Ada beberapa macam Transportasi dari Bandara Kansai menuju Osaka dan Kyoto

Selain Tokyo, Kansai adalah destinasi wisata di Jepang yang paling populer. Dengan mengedapankan nama Osaka dan Kyoto, sudah cukup untuk menarik ribuan wisatawan asing setiap bulannya.

Salah satu keuntungan menggunakan Osaka sebagai pintu masuk adalah biasanya harga tiket pesawat akan lebih murah bila mendarat di Bandara Kansai (KIX) daripada mendarat di Bandara Haneda ataupun Narita.Banyak turis yang memilih mendaratkan kakinya di Osaka terlebih dahulu, sebelum melanjutkan perjalanan wisata mereka ke Tokyo.

Bandara Kansai terletak di terletak di sebuah pulau di tengah-tengah Teluk Osaka, jauh dari pantai distrik Sennan. Bagaimanakah cara terbaik mencapai Osaka ataupun Kyoto?

Mari kita bahas bersama dan sebelumnya opsi menggunakan taksi dihilangkan karena menjadi opsi yang tidak sehat untuk kantong alias mahal.

1. Kereta

Stasiun Bandara Kansai terhubung dengan bandara dengan lokasi yang mudah ditemukan. Jika merasa tidak percaya diri, cukup bertanya kepada petugas “Eki wa doko desu ka?”

Anda bisa menggunakan Kereta JR ‘Haruka’ Limited Express (Tokkyu) untuk menuju Stasiun Tennoji dengan harga tiket sebesar 1.760 yen (non-reserved seat) dan 2.300 yen (reserved seat) dengan waktu tempuh selama 30 menit. Sedangkan untuk mencapai Stasiun Shin-Osaka diperlukan waktu selama 50 menit dengan biaya tiket 2,470 yen (non-reserved seat) dan  3.000 yen (reserved seat).

JR ‘Haruka’ Limited Express
JR ‘Haruka’ Limited Express

Kereta ini juga bisa digunakan untuk langsung menuju Kyoto dari bandara. Tidak perlu berganti kereta karena jalur  ini menghubungkan bandara dengan Maibara di Shiga melalui Kyoto. Biaya tiket kereta ini menuju Kyoto sebesar 2.980 yen (non-reserved seat) dan 3.480 yen (reserved seat) dengan waktu tempuh selama 80 menit.

Kereta lainnya JR Kansai Airport Rapid Service  yang menghubungkan Bandara dengan Stasiun Shin-Osaka selama 70 menit dengan biaya 1.190 yen . Jika ingin melanjutkan perjalanan menuju Kyoto, dari stasiun Osaka berjalan kaki lah menuju Stasiun Umeda Hankyu yang berjarak sekitar 10 menit. Kemudian, naik kereta Hankyu Umeda-Kyoto dengan biaya 400 yen.

jr kansai airport rapid service
JR Kansai Airport Rapid Service

Kereta ini akan membawa penumpang menuju Stasiun Kawaramachi Sanjo (stasiun akhir) yang adalah pusat kota Kyoto. Total biaya perjalanan untuk opsi kedua ini adalah 1.590 yen atau lebih murah dari opsi pertama. Pilihan ada ditangan Anda.

Masih ada pilihan lainnya yakni kereta Nankai dengan jenis kereta Tokkyu Limited Express. Kereta ini menghubungkan bandara dengan Stasiun Namba dengan harga tiket sebesar 1.390 yen.

Pastikan untuk membuka panduan Hyperdia untuk melihat jadwal perjalanan kereta.

Kereta Nankai
Kereta Nankai

2. Bis

Limousine Bus akan mengantarkan Anda menuju Osaka ataupun Kyoto. Harga tiket bus ini untuk menuju Kyoto sebesar 2.550 yen dan 4.300 yen untuk pulang-pergi. Jika Anda akan pulang ke tanar air dari Tokyo, maka beli untuk yang sekali jalan saja. Sedangkan harga tiket menuju Stasiun Osaka sebesar 1.500 yen dan untuk menuju Stasiun Namba sebesar 1.000 yen.

Jika Anda akan pulang dari Osaka, tiket pulang-pergi bus ini berlaku selama 14 hari setelah membeli. Sebaiknya pastikan dahulu akan berapa lama berada di Kansai untuk memutuskan tiket apa yang akan dibeli.

Limousine Bus
Limousine Bus

Untuk jadwal perjalanan bus bisa dilihat disini

Catatan:

Jika Anda belum atau membeli JR Pass ada opsi untuk menghemat biaya perjalanan transportasi selama di Osaka. Berikut pilihannya.

1. Osaka Unlimited Pass (2.000 yen)

Kartu untuk pemakaian tidak terbatas dalam satu hari. Kartu ini berlaku untuk semua jalur kereta dalam kota  (Hankyu, Hanshin, Nankai, Keihan dan Kintetsu), jalur subway, dan bus dalam kota.

Biasanya juga akan ada potongan tiket  untuk beberapa tempat wisata. Kartu ini bisa dibeli  di tourist information centre ataupun travel agent.

2. Osaka 1 day pass (800 yen/weekend, 600 yen/weekday)

Osaka Unlimited Pass
Osaka Unlimited Pass

Kartu untuk pemakaian tidak terbatas dalam satu hari. Kartu ini bisa dibeli di stasiun subway dan kios-kios.

Pilihan lainnya adalah dengan Kansai One Pass. Kartu baru yang bisa digunakan bertransportasi dan berbelanja di wilayah Kansai.

Selain Osaka dan Kyoto, Kansai juga memiliki kota lain yang menarik untuk dikunjungi seperti Kobe dan Nara. Namun sepertinya semua turis akan berhenti terlebih dahulu di Osaka ataupun Kyoto sebelum melanjutkan perjalanan ke kota lain.

Catatan: Harga tiket bisa berubah.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.