Panduan Transportasi dari Bandara Haneda Menuju Pusat Kota Tokyo




Ada beberapa alat transportasi untuk menuju tempat tujuan di Tokyo dari Bandara Haneda

Ketika berkunjung pertama kali ke Jepang mungkin anda sedikit bingung jenis transportasi apa yang paling murah atau efisien untuk mencapai tempat tujuan dari bandara.

Kali ini The Daily Japan akan mengulas tentang berbagai jenis transportasi yang dapat menjadi opsi bagi para turis, baik dari Bandara Internasional Haneda ataupun Narita. Kami akan mulai dari Bandara Internasional Haneda yang terbilang lebih dekat dengan pusat kota dibandingkan dengan Narita.

Dalam waktu sekitar 30 menit Anda sudah bisa mencapai Shibuya dari Haneda. Jaraknya yang dekat dengan pusat kota juga membuat ongkos yang perlu dikeluarkan dari jika mendarat di Haneda pun lebih murah dibandingkan daripada Narita.

Namun, jumlah penerbangan Internasional dari Haneda tidak sebanyak dari Narita. Umur Bandara Internasional Haneda sebenarnya lebih tua dibandingkan Narita. Dibuka pada tahun 1931, Bandara Internasional ini mulai dikurangi jumlah penerbangan Internasionalnya sejak pembukaan Narita pada tahun 1978.

Tetapi setelah pembukaan Gedung Terminal Internasional pada tahun 2010, jumlah penerbangan Internasional di Haneda mulai meningkat kembali.

Baca Juga
Panduan Transportasi dari Bandara Narita Menuju Pusat Kota Tokyo
Tak Perlu Takut Tersesat, Hyperdia adalah Jawabannya
Info Public Wi-Fi dan Koneksi Internet di Tokyo
Tips Menginap di Bandara Kansai, Osaka

Terdapat tiga pilihan transportasi yang dapat digunakan untuk mencapai pusat kota dari Bandara Internasional Haneda:

1. Kereta

Kereta menjadi pilihan yang paling murah dibandingkan bus ataupun taksi. Namun kekurangannya adalah anda perlu transit di sejumlah lokasi sehingga tidak cukup efisien jika membawa banyak barang.

Terdapat dua jenis kereta yang dapat digunakan untuk mencapai pusat kota, yakni Tokyo Monorail dan Keikyu Railways.

Jika anda menggunakan JR Pass, maka anda dapat menggunakannya pada Tokyo Monorail, walaupun bukan JR Line. Titik transit utama dari Tokyo Monorail adalah Stasiun Tokyo Monorail Hamamatsucho.

Keikyu Railways
Keikyu Railways

Jarak tempuh dari Haneda ke Stasiun Tokyo Monorail Hamamatsucho adalah 27 menit  dengan menggunakan kereta lokal bertarif 490 yen.

Sementara itu jika menggunakan Keikyu Railways, titik transit utamanya adalah Stasiun Keikyu Shinagawa. Jarak tempuhnya sekitar 20 menit dengan menggunakan kereta express bertarif 410 yen.

Jika tidak memiliki JR Pass, setelah mendarat di Haneda pastikan untuk membeli kartu elektronik (Ic Card) Suica ataupun Pasmo. Lokasinya berada disebelah kiri setelah keluar dari imigrasi bandara.

Map dari stasiun Haneda menuju pusat kota Tokyo
Map dari stasiun Haneda menuju pusat kota Tokyo

Kartu ini bisa digunakan selama berkendara dengan kereta ataupun bus di Tokyo dengan sistem isi ulang di mesin-mesin yang ada di tiap stasiun.

Harga kartu ini sebesar 500 yen, namun untuk pembelian awal sebaiknya memasukan uang 1.500 hingga 2.000 yen sehingga tidak perlu langsung untuk mengisi ulang.

Poin terpenting adalah Anda harus mencapai stasiun Shinagawa terlebih dahulu karena dari stasiun tersebut akan mudah untuk menjangkau pusat kota ataupun daerah lain yang dituju. Jika masih bingung dengan jalur kereta api di Jepang, gunakanlah jalur Yamanote yang berwarna hijau karena rutenya mengelilingi kota Tokyo.

2. Bis

Jika Anda ingin lebih efisien tanpa harus transit di sejumlah titik, mungkin bis bisa menjadi salah satu pilihan. Terdapat dua pilihan bis, yakni Limousine Bus dan Keihin Kyuko Bus.

Limousine Bus harganya bervariasi tergantung dengan tujuannya, mulai dari 720 Yen hingga 1.200 yen. Jika Anda ingin menuju Asakusa dan Stasiun Tokyo maka ongkosnya sekitar 930 yen.

Limousine Bus
Limousine Bus

Sementara itu jika ingin menuju Shibuya akan dikenakan biaya sebesar 1.030 yen. Untuk menuju Shinjuku, biayanya adalah 1.230 yen. Jarak tempuhnya relatif tergantung kedekatan lokasi dari Haneda, namun rata-rata sekitar 30 sampai 80 menit.

Selain Limousine Bus, terdapat juga Keihin Kyuko Bus atau Keikyu Bus. Kisaran harganya pun relatif sama, untuk ke Shibuya biayanya sekitar 1.030 yen dengan waktu perjalanan sekitar 60 menit.

Namun jika Anda tinggal di sekitar Asakusa maka dapat naik ke arah Tokyo Sky Tree Town dengan biaya 920 yen untuk perjalanan sekitar 50 menit. Anda dapat membeli tiket bis di Kaunter Reservasi Tiket dan Hotel yang terletak di sisi kiri saat keluar dari lobi kedatangan.

Setelah membeli tiket, jangan naik lift yang berada tepat di sebelah tempat pembelian tiket karena Anda justru akan menuju tempat yang salah. Jalan sedikit lagi dan temukan tanda “Route Bus” yang akan membawa anda ke lantai pertama.

Ketika berada di tempat perhentian bus sebenarnya terdapat mesin tiket sehingga bisa juga membeli tiket di sana. Pastikan Anda membeli tiket keberangkatan dengan waktu yang tidak terlalu mepet karena takutnya bis akan langsung berangkat.

Mesin Tiket
Mesin Tiket Bus

3. Taksi

Pilihan ini mungkin pilihan paling terakhir bagi para pelancong di Negeri Sakura karena memang tarif taksi di sana terkenal mahal.

Namun memang taksi adalah pilihan paling efisien jika Anda membawa banyak barang. Walaupun jauh lebih mahal, terdapat sebuah trik yang membuat ongkos taksi bisa lebih murah.

Menurut web Keikyu terdapat salah satu pilihan agar Anda dapat membayar ongkos taksi dengan harga fix. Fasilitas tersebut dikenal dengan fixed rate taxibiayanya tergantung dengan jarak tempuhnya, jika menuju wilayah Shibuya akan berkisar 6.400 yen.

Sementara itu jika menuju wilayah Shinjuku, biayarnya sekitar 6.800 yen. Biayanya akan lebih tinggi apabila tengah malam atau dinihari. Perkisarannya adalah naik sekitar 1.200 yen dari kisaran harga normal.

Untuk dapat menaiki fixed rate taxi, Anda tidak perlu melakukan pemesanan jika berangkat dari terminal Internasional. Namun, jika keberangkatan dari terminal 1 atau 2, anda perlu melakukan pemesanan via telepon satu jam sebelumnya.

Ongkos taksi tidak termasuk biaya tol sehingga penumpang perlu membayar untuk biaya tersebut.

Taksi Keikyu
Taksi Keikyu

Dari keseluruhan pilihan transportasi, kereta merupakan pilihan paling murah dan mungkin bisa juga paling cepat karena tidak ada yang dapat menduga kondisi jalanan di Tokyo.

Cermatilah kembali rute kereta dengan mengecek hyperdia sehingga tidak akan tersesat untuk mencapai lokasi tujuan.

Foto: Google

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.