Panduan Menginap di Warnet Jepang




Manga Cafe atau warnet adalah solusi lain untuk mengirit biaya penginapan di Jepang

Selain menginap di hostel atau hotel kapsul, ada satu lagi penginapan yang mungkin bisa menekan biaya berwisata Anda di Jepang jika memang harus dilakukan. Menginap di internet cafe/manga cafe atau yang di Indonesia kita kenal dengan nama warnet!

Lho, memang nyaman menginap di warnet? Beberapa warnet di Jepang menyediakan fasilitas para tamu untuk menginap. Mereka menyediakan ruangan untuk orang yang ingin mengambil “Night Pack”. Harga sewanya rata-rata berkisar 1.500 hingga 2.000 yen untuk 6-8 jam.

Menginap di warnet bisa jadi solusi lain untuk para traveller, bahkan banyak juga orang Jepang yang menginap disini dibandingkan menghabiskan malam di hotel kapsul dengan tarif 3.000 yen permalam.

Baca Juga
Tips Mendapatkan Visa Ke Jepang
Tips Menginap di Bandara Kansai, Osaka
Tips Mencari Makanan Halal di Jepang
Panduan Menginap Di Hotel Kapsul Jepang

Fenomena menginap di warnet bagi orang Jepang sendiri sudah seperti menjadi sub-kultur yang biasa disebut net cafe refugee atau cyber homeless. Biasanya para pekerja yang mempunyai pendapatan bulan minim atau pekerja paruh waktu banyak yang memutuskan untuk menghabiskan malam di warnet.

Kondisi di dalam bilik warmet Jepang
Kondisi di dalam bilik warmet Jepang

Menurut cerita, hal ini dikarenakan dahulu kala banyak pembunuh dan penjahat lainnya yang bersembunyi di warnet. Jadilah peraturan ini dibuat dan tidak terkecuali untuk orang asing.Untuk menggunakan warnet di Negeri Sakura juga berbeda dengan di Indonesia.

Jika di Indonesia kita tinggal datang dan menanyakan komputer mana yang bisa kita gunakan, di Jepang Anda harus mendaftar dan mengisi formulir terlebih dahulu, meski tidak semua warnet mewajibkannya. Jadi semuanya tergantung dari kebijakan tiap warnet.

Untuk mendaftar, pastikan untuk membawa paspor, dan salah satu warnet yang pernah kami inapi di daerah Nippori terbilang cukup rumit untuk proses pendafataran karena semuanya menggunakan huruf Jepang, tidak dengan alfabet.

warnet 3
Warnet di Jepang menyediakan fasilitas yang cukup nyaman untuk bermalam

Namun, banyak warnet lainnya yang proses pendaftaran terbilang mudah jika kita membawa paspor dan tidak pernah mengalami masalah kriminal dan sejenisnya selama di Jepang.

Warnet di Nippori memberikan opsi ruangan untuk dua orang ataupun satu orang dan bila kalian perokok, bisa juga memilih ruangan yang diperbolehkan untuk merokok.

Setelah mendaftar dan membayar paket yang diambil, akan ada orang yang mengantarkan ke tempat ruangan yang akan digunakan. Ruangan khusus atau private room ini cukup nyaman untuk Anda menghabiskan malam karena menyediakan futon yang akan membuat para penggunanya bisa nyenyak untuk tidur.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2222 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.