JR Pass: Menelusuri Jepang dengan Murah, Efektif, dan Efisien




Dengan JR Pass, bisa berkeliling Jepang naik Shinkansen dengan sepuasnya

Untuk tips wisata Jepang kali ini, kami akan menjelaskan Panduan JR Pass!

Berpergian ke Jepang pasti tidak akan puas hanya dengan mengunjungi salah satu kota saja. Tidak cukup hanya dengan pergi ke Tokyo yang modern, Anda juga pasti ingin menelusuri keindahan tradisional Jepang di Kyoto, atau menyusuri wilayah selatan di Fukuoka.

Namun jika dipikirkan kembali maka pertimbangan ‘berat di ongkos’ cenderung akan membuat kita mundur dari keinginan eksplorasi tersebut. Tapi ternyata para turis asing cukup beruntung karena memiliki pilihan untuk membeli JR Pass!

Baca Juga
Tokyo Subway Pass: Alternatif Berkeliling Tokyo Dengan Harga Terjangkau!
Willer Japan Bus Pass: Solusi Lain Menjelajah Jepang Untuk Budget Traveller
Berkeliling Murah-meriah di Jepang dengan Seishun 18
Hanya Dengan 750 Yen, Bisa Berkeliling Tokyo Dengan JR Tokunai Pass

Apa itu JR Pass? JAPAN RAIL PASS yang bisa diibarakatkan sebagai kartu sakti. Ditujukan khusus bagi turis asing untuk menyusuri Jepang dengan Shinkansen atau kereta peluru. Mereka yang dapat membeli JR Pass adalah para pelancong yang memiliki status temporary visitor di visa mereka atau sekitar 15 hingga 90 hari untuk berlibur di Jepang.

Terdapat dua tipe JR Pass, yakni Green (kelas superior) dan Ordinary. Masing-masing tipe tersedia untuk sejumlah pilihan durasi, yakni 7 hari, 14 hari, dan 21 hari.

Penjelasan harga JR Pass

Untuk harganya pun bervariasi pula, tergantung dengan tipe dan durasi yang kalian pilih. Untuk anak berumur 6 hingga 11 tahun hingga tanggal penukaran, maka mereka wajib membeli tiket kategori child atau anak-anak. Tabel berikut memperlihatkan harga untuk masing-masing tipe dan durasi.Terdapat dua tipe JR Pass, yakni Green (kelas superior) dan Ordinary. Masing-masing tipe tersedia untuk sejumlah pilihan durasi, yakni 7 hari, 14 hari, dan 21 hari.

Tiket JR Pass valid selama durasi yang dipilih, dimulai dari tanggal pertama kali pemakaian. Jika Anda membeli JR Pass, maka dapat menggunakan tiket tersebut untuk jenis Shinkansen apapun, kecuali NOZOMI dan MIZUHO. Bahkan, Anda dapat menggunakannya untuk kereta JR lokal sehingga tidak perlu membeli tiket lagi jika tiket masih dalam keadaan valid.

Anda hanya perlu memperlihatkan pada petugas stasiun yang biasanya berada di pojok pintu otomatis. Tak terbatas pada kereta, Anda juga dapat menggunakannya bus JR (kecuali bus express) dan feri JR-WEST Miyajima.

Di Indonesia sudah banyak travel agent yang menjual JR Pass

Menggunakan JR merupakan pilihan yang tepat untuk Anda jika ingin menabung lebih banyak uang dan waktu untuk perjalanan selama di Jepang. Bayangkan jika kita membeli tiket satu kali perjalanan dengan Shinkansen dari Tokyo ke Kyoto, kita harus merogoh kocek sebesar 13.920 Yen dan perjalanan pulang-pergi sekitar 27.840 Yen.

Tetapi jika Anda menggunakan tiket JR Pass yang valid selama satu minggu, hanya perlu merogoh kocek sekitar 29.110 Yen (harga hingga bulan Mei 2017). Dengan JR Pass yang valid selama satu minggu tersebut, Anda dapat menelusuri Jepang, tidak hanya sebatas Tokyo dan Kyoto.

Bahkan jika kita memiliki JR Pass, tak perlu lagi membayar tiket perjalanan dari bandara Narita ke ke pusat kota. Dengan menggunakan JR Pass, Anda dapat berpergian dengan JR N’EX (Narita Express dari Bandara Internasional Narita ke Tokyo). Selebihnya, jika ternyata Anda mendarat di Bandara Internasional Kansai, dapat menggunakannya pula untuk kereta JR ke pusat kota Osaka atau bahkan ke Kyoto.

Dengan JR Pass kita bisa naik Shinkansen sepuasnya sekaligus mengirit biaya dan waktu perjalanan

Anda pun bisa sangat menghemat waktu jika berpergian dengan JR Pass. Jika awalnya Anda pikir ingin menghemat budget dengan menggunakan bus, maka yang perlu dipikirkan lagi adalah waktu tempuhnya. Salah satu pilihan murah untuk berpergian adalah dengan bus malam. Apabila Anda menggunakan bus malam dari Tokyo ke Osaka, akan menghabiskan waktu sekitar 10-11 jam dengan harga 5.600-7.700 Yen untuk dewasa, satu kali perjalanan.

Sementara jika Anda menggunakan JR Pass dengan Shinkansen Hikari, hanya memerlukan waktu 3 jam dan harganya pun kalau dipikir-pikir relatif murah karena tiket dapat digunakan sepuasnya. Bahkan dengan perbandingan tersebut, JR Pass pun akan terlihat sangat menguntungkan dari segi harga dan waktu.

JR Pass dapat dibeli di sejumlah agen travel yang tersebar di Indonesia. Untuk Jakarta sendiri, sejumlah agen travel seperti ANA overseas offices, JAL overseas offices, Jalan Tour, HIS, JTB, KNT, JALPAK, Toptour, Nippon Travel Agency.  Untuk kurs menyesuaikan dengan hari pembelian.

Pastikan Anda membeli JR Pass sebelum berangkat ke Jepang.




  • JR Pass

  • kevin gunawan

    Hi, Saya beli JR Pass di Kenikura tour, lumayan lebih murah dari tour lain, semoga membantu

    Thanks