Tak Perlu Takut Tersesat Saat di Jepang, Hyperdia adalah Jawabannya




Jalur kaereta di Jepang sangatlah rumit dan kadang sulit dipahami oleh para turis asing

Kereta merupakan opsi yang paling mudah bagi para turis asing ketika ingin berpergian di Jepang. Namun, bagaimana mereka dapat dengan mudah menggunakan kereta jika tidak mengetahui bahasa, terutama jalur yang terdapat di sana?

Mungkin Jepang bukan negara yang mudah untuk dipahami oleh turis asing karena hampir semua tulisan menggunakan kanji, hiragana, atau katakana. Walaupun di kebanyakan tempat tetap melampirkan tulisan alfabet atau romaji demi memudahkan turis asing.

Baca Juga
Mencari Penginapan Di Jepang Dengan Airbnb
Aplikasi Gratis yang Harus Diunduh untuk Mempermudah Wisata ke Jepang
Info Public Wi-Fi dan Koneksi Internet di Tokyo
Tips Mendapatkan Visa ke Jepang

Turis asing pun sebenarnya tidak perlu bingung ketika hendak mencari tahu jalur kereta yang perlu diambil atau jadwal keberangkatan kereta. Jepang merupakan negara yang berusaha ramah dengan para turis walaupun dengan berbagai keterbatasannya. Penggunaan teknologi dan internet adalah jawaban bagi para turis.

Salah satu situs yang sering diakses oleh para turis asing adalah Hyperdia, sebuah web yang dapat mengakses informasi tentang rute dan jadwal kereta bahkan pesawat. Dengan menggunakan Hyperdia, para pengguna dapat mengoperasikannya secara simple dan mendapatkan informasi optimal tentang rute dari titik keberangkatan hingga tujuan.

Tampilan situs Hyperdia

Para turis dapat menggunakan situs ini untuk membuat itinerary atau jadwal perjalanan. Berikut adalah cara mudah menggunakan Hyperdia!

Pilih bahasa yang hendak digunakan (Jepang, Inggris, atau Tiongkok)Para turis dapat menggunakan situs ini untuk membuat itinerary atau jadwal perjalanan. Berikut adalah cara mudah menggunakan Hyperdia!

  1. Lalu mulai ketik stasiun keberangkatan dan setelah beberapa huruf diketikkan, akan terdapat beberapa opsi yang muncul dan sesuai dengan pencarian. Pilih stasiun yang anda maksud dan ulangi cara yang sama untuk stasiun tujuan.
  2. Pilih tanggal dan jam perjalanan.
  3. Kemudian pada kolom tipe, anda diminta untuk memilih departure (keberangkatan), arrival (kedatangan), atau average (rata-rata). Dengan memilih departure maka anda akan memilih tanggal dan jam di atas berdasarkan keinginan waktu keberangkatan, arrival untuk menentukan waktu anda sampai tujuan, dan pilihan average yang melihat bahwa opsi tanggal dan jam tidak relevan dan tidak perlu diubah (dengan sendirinya akan menunjukkan waktu saat ini). Opsi average memungkinkan anda untuk melihat rata-rata waktu yang dibutuhkan dalam suatu perjalanan. Opsi yang sangat berguna apabila anda merencanakan untuk berpergian dan ingin mengetahui jaraknya.
  4. Kilk tombol search dan berbagai daftar opsi akan muncul. Hal yang paling menguntungkan dari menggunakan Hyperdia adalah dapat mengetahui berbagai pilihan untuk perjalanan anda. Terlebih lagi di beberapa kota, terutama kota besar, terdapat berbagai rute untuk mencapai destinasi anda (JR, subway, atau bahkan shinkansen untuk perjalanan jauh). Hyperdia menunjukkan berbagai pilihan dan juga harga sehingga anda dapat membuat pilihan yang terpenting, seperti rute tercepat, rute termurah, sedikitnya jumlah transit, dan seterusnya.
Check box di situs Hyperdia

Ketika sudah berada di laman yang menunjukkan berbagai opsi pilihan perjalanan, akan terdapat check box yang dapat meminimalisir pilihan anda.

Di check box anda dapat memilih atau tidak memilih pilihan yang ada. Misalnya, ketika anda menggunakan JR Pass, maka anda harus menghilangkan check list di opsi “ NOZOMI/MIZUHO/HAYABUSA” karena apabila anda menggunakan JR Pass, maka anda tidak dapat menggunakan shinkansen tersebut.

Salah satu pilihan rute. Terdapat detail jam, waktu tempuh, jalur, dan harga

Dan tentunya karena anda hendak menggunakan kereta, maka perlu dihilangkan pula check list di opsi “Airplane (pesawat)” dan “Airport Shuttle Bus (Shuttle Bus Bandara)” .

Dengan menggunakan Hyperdia semua informasi yang Anda butuhkan untuk perjalanan dengan kereta pun dapat dipahami dengan mudah dan cepat. Jika tidak dapat mengakses internet ketika berpergian di Jepang, Anda dapat mencetak rute dari Hyperdia.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2225 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.