Osaka Castle: Situs Bersejarah Spesial yang Legendaris




osaka Castle menjadi salah satu simbol kota Osaka

Dari sekian banyak tempat wisata yang menarik di Osaka, yang paling banyak menyedot para wisatawan untuk berkunjung adalah Osaka Castle. Istana ini tidak hanya terkenal karena memiliki keindahan bangunannya, namun juga memiliki sejarah panjang yang menarik untuk dikupas.

Sebelum berubah menjadi Osaka Castle, berdiri sebuah kuil bernama Honganji Temple. Hingga akhirnya seorang daimyo yang sangat tersohor yakni Nobunaga Oda menguasai kuil setelah memenangkan pertempuran, dan membakarnya pada tahun 1580.

Osaka Castle sempat menjadi bangunan paling megah yang ada di Jepang

Setelah Nobunaga Oda tewas terbunuh pada tahun 1582 di Honnoji Temple, kekuasaan berpindah kepada bawahannya Hideyoshi Toyotomi. Berniat untuk meneruskan ambisi Nobunaga untuk menyatukan Jepang, ia memulai pembangunan Osaka Castle pada tahun 1583.

Pada tahun 1629, Osaka Castle telah selesai dibangun sepenuhnya dan dijadikan sebagai sebagai pusat pemerintahan. Namun, Restorasi Meiji hingga Perang Dunia II kembali merusak struktur asli Osaka Castle. Pada tahun tahun 1955 Osaka Castle mendapat pengakuan sebagai “Situs Bersejarah Spesial” oleh Pemerintah Jepang.

Pemandangan kota Osaka dari atas Osaka Castle

Menurut catatan oleh daimyo yang bernama Otomo Sorin (1530-1587), Osaka Castle merupakan bangunan istana yang paling megah tiada banding pada zaman itu, menara utamanya terdiri dari 5 tingkat yang atapnya dilapisi dengan emas.

Sebelum Toyotomi Hideyoshi meninggal, pembangunan Istana Osaka diteruskan dengan pengembangan wilayah Ninomaru, Sannomaru, Sogamae (pertahanan paling luar Istana Osaka yang berupa bangunan tembok dari tanah yang dikeraskan), dan penggalian 3 lapis parit sebagai pertahanan istana.

Koleksi jubah perang yang terdapat di dalam Osaka Castle

Osaka Castle yang dahulunya menjadi simbol dari Hideyoshi Toyotomi beralih fungsi menjadi salah satu simbol dari kota Osaka yang dikunjungi oleh banyak wisatawan setiap tahunnya.

Di dalam kastil, terdapat museum dengan berbagai diorama dan beragam barang lainnya tentang sejarah Osaka Castle. Di lantai atas, pengunjung bisa menikmati keindahan kota Osaka observation deck dengan ketinggian lebih dari 50 meter. Para pengunjung juga bisa mengambil foto dengan balutan baju zirah Shogun dan kimono yang dikenakan biaya sebesar 300 yen.

Banyak penduduk Osaka yang meluangkan waktu sore mereka untuk bersantai di taman sekitar Osaka Castle

Selain menikmati sejarah yang panjang di dalam istana, kalian juga bisa bersantai di taman yang mengeliingi Osaka Castle. Saat sore hari biasanya banyak penduduk Osaka yang bersantai di taman bersama keluarga mereka. Tak hanya itu, biasanya juga banyak pertunjukan dari musisi jalanan Osaka yang akan membuat suasana semakin meriah.

Untuk mengunjungi Osaka Castle bisa menggunakan kereta JR Loop Line dari stasiun Osaka menuju stasiun Osakajokoen. Istana ini beroperasi dari pukul 09.00-17.00 JST, setiap harinya dan akan ditutup setiap tanggal 28-31 Januari. Untuk masuk ke dalam Osaka Castle, pengunjung akan dikenakan biaya sebesar 600 yen.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 1802 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.