Osaka Asian Film Festival Sebentar Lagi Siap Digelar




Bulan Maret sepertinya merupakan bulan yang ditunggu para sineas. Selain perhelatan Oscar, bulan Maret di Osaka juga akan diadakan Osaka Asian Film Festival (OAFF).

OAFF yang akan digelar pada 9 Maret hingga 18 Maret ini akan menampilkan 52 film, termasuk 15 film Kompetisi. Beberapa film juga akan menjadikan Osaka sebagai tempat pemutaran perdana filmnya. Film Korea terbaru berjudul Park Yeol atau yang di kenal dengan dengan judul Anarchist from Colony diumumkan menjadi pembuka festival ini. Film yang dibintangi oleh Lee Je-Hoon (Architecture 101 dan Phantom Detective) ini adalah salah satu film populer di Korea. Di adaptasi dari kisah nyata anarkis dan aktivis kemerdekaan Korea yang bernama Park Yeol.

Untuk film penutup jatuh kepada film produksi dalam negeri The Name. Film yang disutradarai oleh Toda Aikihiro ini merupakan cerita yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Michio Shusuke. Film ini bercerita mengenai perjumpaan pria paruh baya bernama Masao dengan gadis muda bernama Emiko.

Dua film Indonesia, Posesif dan Pai Kau mewakili Indonesia di Osaka. Posesif karya sutradara Edwin masuk dalam program Kompetisi di Osaka Asian Film Festival 2018. Kehadiran Edwin di program Kompetisi merupakan salah satu pecah telornya Indonesia untuk berada di kategori utama OAFF.

Di tahun sebelumnya, Indonesia diwakili oleh Interchange karya Dain Iskandar Said yang merupakan produksi patungan Malaysia-Indonesia. Film yang dibintangi oleh Puteri Marino dan Adipati Dolken ini akan bersaing bersama 14 film Asia lainnya untuk memperebutkan gelar seperti Grand Prix dan Most Promising Talent Award.

Jika menang penghargaan Grand Prix, Posesif bisa membawa pulang hadiah 500,000 yen setara dengan IDR 60 juta atau Most Promising Talent Award dengan hadiah 200,000 yen atau setara dengan IDR 24 juta. Film yang dianggap potensial juga berkesempatan diputar secara nasional di Jepang.

Selain Posesif, film Indonesia lainnya yang diputar di Osaka adalah film Pai Kau karya dari Sidi Saleh. Pai Kau merupakan film panjang pertama dari Sidi yang bercerita tentang pernikahan Lucy dan Edy yang terancam gagal karena kehadiran Siska. Film garapan Sidi ini masuk dalam Program Special yaitu program yang ditujukan bagi para sineas muda di Asia Tenggara.

OAFF yang sudah menginjak usia 13 tahun penyelenggaraaan ini rencananya juga akan memutar berbagai macam film yang terbagi dalam beberapa program seperti:

-Kompetisi

Bagian ini akan menampilkan film Asia terbaru, yang ditampilkan perdana di Jepang lewat OAFF. Dari program ini, juri internasional akan memilih pemenang Grand Prix dan Most Promising Talent Award.

-Pemutaran Khusus

Pemutaran Khusus akan memilih film Asia yang banyak dibicarakan.

-Program Khusus

Program Khusus akan menampilkan film dari wilayah atau tema tertentu.

-Forum Indie

Forum Indie menampilkan film-film inovatif dan menantang yang diangkat oleh para sutradara Jepang.

Tempat-tempat yang dipilih sebagai tempat penyelenggaraan tersebar di Umeda Burg 7, ABC Hall, Cine Libre Umeda, Hankyu Umeda Hall dan lainnya.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment