Orang Jepang Melamar Pasangan dengan Sup!




Sup miso menjado teman setia orang Jepang dalam menyantap makanan

“will you marry me?”
“Aku ingin kau menjadi orang pertama yang aku lihat ketika membuka mata, maukah kau menikah denganku?”

Kata-kata romantis. Ya, itulah yang biasa kita dengar ketika seorang pria melamar kekasihnya. Mereka akan berusaha membuat momen seromantis mungkin untuk semakin meyakinkan sang pacar.

Lantas, bagaimana dengan di Jepang? Jika kalian mendengarnya, mungkin akan tertawa. Orang Jepang (dahulu kala) biasa melamar pasangannya dengan sup!

Bagi kalian yang sudah pernah berkunjung ke Jepang, pasti tidak akan asing dengan semangkok sup yang selalu dihidangkan di kebanyakan rumah makan di Jepang. Sup bernama Miso ini menjadi penutup makanan utama yang akan disantap para tamu.

Baca Juga
Pola Makan yang Sehat Jadi Kunci Orang Jepang Bertubuh Langsing
Bagaimana Tatakrama Ketika Makan di Jepang?
7 Alasan Wanita Jepang Tidak Akan Gemuk
Menyatakan ”I Love You” dalam 47 Dialek Jepang

Sup Miso berisikan bahan dasar dashi ditambah isi sup berupa sedikit makanan laut atau sayur-sayuran, dan diberi miso sebagai perasa.

Menurut cerita legenda, sup ini awalnya biasa dikonsumsi oleh para petani sejak zaman Muromachi dan perlahan menyebar ke kalangan kasta atas dan menjadi masakan tradisional yang wajib dihidangkan di meja makan.

Dan, entah bagaima asal muasalnya, mungkin karena kenikmatan rasanya, sup Miso mulai dijadikan simbol pria Jepang melakukan lamaran kepada pacarnya. “Kimi no tsukutta misoshiru o maiasa nomitai.” atau yang berarti “aku ingin makan sup miso yang kamu buat setiap pagi.”

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2235 Articles

Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.