Odaiba, Pulau Buatan Nan Indah yang Dibangun Dengan Urukan Sampah




Berawal dari urukan sampah, Odaiba menjelma menjadi salah satu wilayah terindah di Jepang

Sampah tidak selamanya akan memberikan masalah, jika bisa di daur ulang, sampah akan sangat berguna.

Menggunakan sampah ternyata sudah dilakukan Jepang sejak seabad silam saat membangun sebuah pulau di pinggiran teluk Tokyo yang pondasinya dibangun dari urukan sampah dan campuran tanah. Sebuah pulau yang sekarang kita kenal dengan nama Odaiba.

Nama “Odaiba” berasal dari sebutan untuk enam pulau di Teluk Tokyo yang dibangun sebagai benteng oleh Keshogunan Tokugawa.

Pulau ini dibangun dengan maksut untuk untuk melindungi Tokyo dari serangan yang datang dari arah laut. Pada waktu itu, Keshogunan Tokugawa menghadapi ancaman Angkatan Laut Amerika Serikat yang dipimpin Komodor Perry.

Seiring dengan perkembangan zaman, dan berkembangnya Jepang menjadi negara modern, pulau ‘sampah’ ini pun menjelma menjadi salah satu daerah paling indah di Tokyo. Odaiba pun kerap dijuluki sebagai pulau romantis.

Pulau ini sempat dilupakan ketika Jepang mengalami krisis ekonomi pada tahun 1990, namun karena melihat pulau ini memiliki potensi yang besar untuk tempat wisata, Odaiba kembali dibenahi dan dipercantik.

Tokyo Rainbow Bridge


Salah satu pemandangan paling indah adalah melihat Tokyo Rainbow Bridge atau jembatan pelangi. Jembatan yang menghubungkan Odaiba dengan Tokyo daratan ini mulai dibangun 1987 dan selesai di tahun 1993. Berkunjunglah di malam hari, karena lampu pelangi di jembatan ini akan memancarkan keindahannya.

Patung Liberty

Pada tahun 2009, replika patung Liberty ditempatkan di Odaiba dalam rangka acara ‘The French Year of Japan’ pada tahun 1998-99.

Setahun berselang karena patung ini sangat populer dan menjadi daya tarik utama para turis berkunjung, ditetapkan jika hasil karya  Frederic Auguste Bartholdi, dan Gustave Eiffel ini dipermanenkan untuk bersanding mesra dengan Teluk Tokyo.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.