NHK Jadi Stasiun TV Pertama yang Melakukan Siaran Pada Resolusi 8K




NHK jadi stasiun tv pertama di dunia yang siaran dengan resolusi 8K

Jepang seakan tak pernah berhenti mengembangkan teknologi mereka. Di saat dunia masih berkutat dengan resolusi 4K, stasiun televisi terbesar di Negeri Sakura, NHK mulai melakukan siaran dengan resolusi 8K pertama di dunia. Siaran dimulai sejak Senin lalu dan pada resolusi 8K (7,680 x 4,320 pixel). Resolusi ini 16 kali lipat lebih tinggi dibandingkan full HD (1920 x1080 pixel).

Selain resolusi yang lebih tinggi, siaran “Super Hi-Vision” ini turut mendukung sistem audio 22,2 bukan sistem audio 5.1 yang digunakan pada siaran full HD. Tidak seperti siaran biasa NHK, siaran 8K ini hanya akan beroperasi dari jam 10 pagi hingga 5 sore. Saat ini siaran 8K di NHK baru sekedar uji coba sebelum dijadikan standar di Jepang pada 2020.

NHK akan meng-install stasiun-stasiun khusus agar para pemirsanya di seluruh Jepang bisa menikmati tayangan super tajam tersebut. Rencananya, NHK akan menyiarkan beragam klip/footage dari ajang olah raga akbar Olimpiade Rio 2016, dan beberapa acara lainnya, seperti konser dan dokumenter.

Uji coba siaran NHK berformat 8K ini merupakan bagian persiapannya menuju implementasi transmisi konten 8K langsung ke pemirsanya (direct-to-home transmission) pada tahun 2018. Selanjutnya, NHK akan meliput dan menyiarkan seluruh ajang olah raga Olimpiade 2020 di Tokyo (2020 Tokyo Olympics) dalam format 8K.

Sumber: mobitekno

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.