Nagasaki Peringati 71 Tahun Tragedi Bom Atom




Peringatan bom atom dilakukan di Monumen perdamaian

Kota Nagasaki memperingati 71 tahun jatuhnya bom atom hari Selasa (9/8) kemarin di Monumen perdamaian, Nagasaki. Pada tanggal 9 Agustus 1945, kota itu dijatuhi bom atom oleh Amerika Serikat (AS), tiga hari setelah serangan serupa di Hiroshima.

Upacara peringatan dimulai pukul 10:35 pagi waktu Jepang. Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan perwakilan dari 53 negara dan kawasan serta 5.600 orang lainnya menghadiri upacara tersebut. Para hadirin mengheningkan cipta pada pukul 11:02 pagi, waktu yang sama saat bom atom dijatuhkan 71 tahun lalu.

Dalam deklarasi perdamaian tahun ini Wali Kota Nagasaki Tomihisa Taue menyerukan para pemimpin dunia untuk mengunjungi kotanya, merujuk pada kunjungan bersejarah Presiden AS Barack Obama ke Hiroshima bulan Mei lalu. Ia juga menyerukan para pemimpin negara yang memiliki senjata nuklir untuk ikut serta dalam pembahasan kerangka kerja hukum penghapusan senjata nuklir.

PM Shinzo Abe mengatakan Jepang akan terus menekankan pentingnya mempertahankan dan mengenjot kerangka kerja bagi Perjanjian Non-Proliferasi Nuklir tersebut. Ia menyerukan kerja sama negara-negara pemilik senjata nuklir maupun tidak guna mengupayakan dunia yang bebas senjata nuklir.

Upacara ini adalah kesempatan bagi Nagasaki untuk memperbarui seruan penghapusan senjata nuklir di tengah-tengah semakin berkurangnya jumlah korban selamat bom atom atau hibakusha yang memimpin kampanye penghapusan senjata nuklir itu.

Sumber: NHK

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1807 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.