Musim Gugur, Periode Terbaik Untuk Mengunjungi ke Jepang




Musim gugur menyajikan keindahan Jepang dari sisi yang berbeda

Jepang adalah salah satu negara yang mempunyai empat musim. Maret-Mei adalah musim semi (春, haru); Juni-Agustus adalah musim panas (夏, natsu); September-November adalah musim gugur (秋, aki); dan Desember-Februari adalah musim dingin (冬, fuyu). Setiap musim di Jepang memiliki suhu dan iklim yang sangat berbeda.

Baca Juga
Tempat Terbaik Untuk Menikmati Musim Gugur di Kota Nikko
5 Tempat Terbaik Menikmati Keindahan Musim Gugur di Tokyo
Selamat Datang Warna-warni Daun yang Indah!
Shirakawa-go, Desa Tradisional nan Indah yang Berbalut Panorama Pegunungan

Saat ini di Jepang sedang memasuki musim gugur, yang menurut kami adalah musim terbaik yang ada di Jepang, terutama untuk orang Indonesia. Cuaca menjadi alasan utama kenapa berkunjung ke Jepang saat musim gugur bagi orang Indonesia terbilang tepat.

Suasana taman Meiji Jingu Gaien saat musim gugur

Tidak ada salju yang bisa menganggu jadwal kereta, tidak ada hawa panas, dan meski tidak ada bunga sakura, namun musim gugur di Jepang mempunyai pesona lain yakni keindahan warna-warni daun yang biasa disebut Kōyō. Keindahan ini memang juga bisa dinikmati di negara lain yang juga memiliki empat musim, namun percayalah tidak ada yang menandingi keindahan warna dedaunan musim gugur di Jepang.

Saat musim gugur, cuaca tidaklah terlalu dingin, dan tentu saja masa-masa kelam dengan cuaca panas telah berakhir. Untuk suhu, masih lebih dingin daripada di Indonesia dengan kisaran 15 derajat celcius yang rasanya masih bisa ditolerir oleh ketahanan badan.

Hitachi Seaside Park, salah satu tempat wisata terbaik saat musim gugur di Jepang

Untuk akomodasi tiket pesawat, biaya yang harus dikeluarkan sepertinya tidak akan semahal saat musim sakura, musim panas, dan akhir tahun. Apalagi sekarang ini tiket promo dari berbagai maskapai penerbangan dan perusahaan travel bertebaran dimana-mana.

Meski tidak semeriah musim panas, musim gugur di Jepang juga menyajikan banyak festival menarik. Salah satunya adalah festival Takayama yang kerap dicap sebagai festival terbaik di Jepang. Festival ini sebenarnya juga diadakan saat musim semi. Untuk di musim gugur di kenal dengan festival hachiman matsuri yang diselenggarakan di pagelarkan di kuil Shinto Sakurayama Hachiman.

Perayaan Shichi-Go-San dilaksanakan setiap tanggal 15 November
Perayaan Shichi-Go-San dilaksanakan setiap tanggal 15

Selain itu juga ada perayaan Shichi-Go-San. Kita dapat melihat kelucuan anak-anak kecil  yang berusia 3, 5, dan 7 tahun mengenakan pakaian tradisional Jepang. Mereka akan pergi ke kuil dengan didampingi oleh orang tua untuk berdoa agar tumbuh sehat serta keluarga mereka diberikan kebahagiaan. Perayaan ini diadakan setiap tanggal 15 November.

Pada musim gugur juga waktunya orang Jepang untuk menikmati beragam hasil laut musiman dan juga sayuran dari pegunungan yang lezat. Rasa makanan yang dapat dirasakan akan berbeda dibandingkan dengan musim-musim lain. Cobalah mencicipi jamur Matsutake yang menjadi ikon dari musim gugur di Jepang.

Jamur Matsutake
Jamur Matsutake

Bagi orang Jepang sendiri, musim gugur juga menjadi periode favorit mereka. Salah satu kawan kami di Jepang pernah berujar jika musim gugur adalah waktunya orang Jepang untuk bergaya dan berdandan sesuka hati mereka karena tidak akan terlalu terpengaruh dengan cuaca.

Jika kalian bertanya, kapan waktu yang tepat untuk mengunjungi Jepang? Jawaban kami adalah saat musim gugur!

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2225 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.