Museum Ghibli, Tempat yang Membangkitkan Imajinasi




Museum Ghibli sudah banyak berjasa dalam perkembangan film di Jepang

Jepang, sebagai destinasi utama untuk wisata di kawasan Asia memang menyajikan banyak tempat-tempat menarik untuk dikunjungi. Beragam pilihan wisata menarik ada di Negeri Sakura. Salah satu tempat wisata yang sempat kami datangi dan memberikan impresi luar biasa hingga kini adalah Museum Ghibli di Mitaka, Tokyo.

Museum milik studio animasi Ghibli yang menghasilkan banyak film-film animasi penting seperti Spirited Away, Princess Mononoke, dan My Neighbor Totoro tidak hanya mempersilahkan kita mengintip dunia Studio Ghiblli, namun mengajak kita untuk masuk ke dalam dunia Ghibli itu sendiri.

Baca Juga
Pop Culture: Revitalisasi Pengaruh Internasional Jepang
Bernostalgia Dengan Masa Kecil Di Museum Fujiko F. Fujio
Museum Sapporo Beer, Salah Satu Situs Warisan Hokkaido
Willer Japan Bus Pass: Solusi Lain Menjelajah Jepang Untuk Budget Traveller

Untuk mengunjungi Museum Ghibli, seperti banyak museum dan tempat wisata lainnya, kalian bisa membeli tiketnya melalui mesin tiket yang terdapat di Lawson.

Untuk beberapa negara memang disediakan layanan membeli tiket melalui agen perjalanan yang resmi, namun sayang belum ada agen perjalanan di Indonesia yang bekerja sama dengan Museum Ghibli.

Bus yang akan mengantar para wisatawan dari stasiun ke museum Ghibli
Bus yang akan mengantar para wisatawan dari stasiun ke museum Ghibli

Tidak perlu takut, untuk kita turis dari Indonesia, bisa mengunjungi melihat infonya di situs ini yang memuat semua informasi tentang bagaimana cara mengunjungi dan membeli tiket Museum Ghibli. Jadwal buka, harga tiket, jadwal libur, dan cara membeli tiket di Lawson semua tercantum jelas di halaman itu.

Setelah membeli tiket, kalian bisa naik kereta menuju Stasiun Mikata yang nantinya dilanjutkan dengan naik bis khusus atau berjalan kaki sekitar 15 menit. Sesampainya di depan museum, kita akan menukarkan tiket yang didapat dari Lawson dengan tiket masuk Museum Ghibli yang sesungguhnya.

ghibli-1
Museum Ghibli mempunyai berbagai macam jenis pameran dalam setahun

Tiketnya cukup unik karena terbuat dari potongan rol film yang jika dilihat menampilkan cuplikan adegan pada salah satu film Studio Ghibli. Dengan tiket tersebut kita bisa menjelajah museum ini mulai dari lantai terbawah sampai ke atap dari gedung museum.

Perlu diketahui bahwa setelah kita masuk kedalam gedung museum, kita tidak diperbolehkan mengambil foto apapun. Kebijakan ini dilakukan sebab Hayao Miyazaki sang arsitek dari Studio Ghibli dan Museum Ghibli mengharapkan para pengunjung untuk merasakan setiap inci dari museum dengan tangan dan mata sendiri.

Totoro xD
Totoro xD

Dengan kebijakan ini dapat dipastikan tidak akan ada cerita yang sama yang keluar dari mulut pengunjung Museum Ghibli karena masing-masing merasakan dan mengalami museum ini dengan cara yang berbeda. Museum Ghibli mempunyai berbagai macam jenis pameran yang berubah-ubah setiap beberapa bulan sekali. Untuk mengetahui apa yang sedang dipamerkan ketika kamu ingin datang langsung saja buka halaman resmi Museum Ghibli.

Ketika kami berkunjung ke sana, sedang dilangsungkan pameran tentang cerita rakyat fantasi Eropa yang merupakan salah satu inspirasi Hayao Miyazaki dalam membangun Studio Ghibli. Jika ingin mengetahui lebih banyak tentang pameran ini dan apa yang diharapkan oleh sang maestro dengan mengangkat tema cerita rakyat Eropa, bisa langsung melihat di sini.

Ghibli Bird Cage
Ghibli Bird Cage

Selain pameran yang berubah setiap beberapa bulan sekali, Museum Ghibli juga memamekan replika keadaan ruang kerja para animator Studio Ghibli sebagai pameran permanen dari museum ini.

Pada pameran ini kita bisa melihat dari mana tone dan gaya visual Studi Ghibli yang dekat dengan realisme ajaib ala Eropa berasal. Banyak juga storyboard dari berbagai film Ghibli yang dipamerkan sehingga kita bisa mengetahui langkah-langkah pembuatan suatu film sebelum menjadi animasi yang lengkap.

Pameran ini adalah pameran favorit kami, karena walaupun yang dipamerkan adalah ruang kerja, namun atmosfer yang dihasilkan sama dengan atmosfer dari film-film Ghibli itu sendiri. Di ruangan ini kami merasa masuk kedalam dunia Ghibli sekaligus melihat dari mana dunia itu berasal.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.