Miharu Takizakura, Pohon Sakura yang Legendaris di Fukushima




Bagi kebanyakan orang, kecantikan bunga sakura menjadi magnet tersendiri untuk mengunjungi Jepang pada musim semi. Bunga yang mekar cuma sebulan dalam setahun tersebut memang memiliki keindahan yang luar biasa.

Jauh di kota Miharu yang terletak di Prefektur Fukushima, terdapat pohon sakura yang legendaris. Pohon ini dikenal juga dengan nama Miharu Takizakura atau Sakura Air Terjun Miharu.

Miharu Takizakura jenis sakura merah dahan bergantung. Usianya diperkirakan sudah lebih dari 1000 tahun. Pohon ini berbunga sekitar pertengahan hingga akhir April. Bunganya berwarna merah jambu muda, dan menyebar ke seluruh penjuru dari dahan-dahannya seperti air terjun.

Pada tahun 2012, tinggi pohon sekitar 12 meter, lingkar batang 9,5 meter, lingkar akar 11 m, dan dahan-dahannya tumbuh melebar dari timur ke barat selebar 22 meter, dan dari utara ke selatan sepanjang 18 meter.

Pohon ini termasuk salah satu dari lima pohon sakura terkenal di Jepang, dan termasuk salah satu dari tiga pohon sakura raksasa di Jepang. Pada 12 Oktober 1922, Pemerintah Jepang menetapkan pohon Miharu Takizakura sebagai Harta Nasional Jepang. Pada tahun 1990, pohon ini berada di peringkat 10 teratas dalam “Daftar 100 Pohon Sakura Terpilih”.

Semasa bunga di pohon ini mekar, kira-kira 16.000 orang wisatawan datang setiap harinya untuk melihat pohon ini. Pohon ini merupakan salah satu sumber pendapatan penting untuk kota Miharu yang sebagian besar dari 17.000 orang penduduknya berpencarian sebagai petani.

Salju lebat pada bulan Januari 2005 menyebabkan beberapa cabang pohon ini patah. Sebelum pohon ini menjadi rusak berat, penduduk setempat menyingkirkan salju dan membangun kerangka kayu untuk mengurangi kerusakan.

Meskipun beberapa ranting ada yang patah, pohon ini selamat dari gempa bumi dan tsunami Sendai 2011. Namun jumlah wisatawan pada tahun 2011 hanya sepersepuluh dari jumlah wisatawan pada tahun-tahun biasanya.

Menurut Dinas Pariwisata Fukushima, setiap tahunya lebih dari 200 ribu pelancong lokal dan asing datang berkunjung untuk melihat Miharu Takizakura yang legendaris memancarkan keindahannya.

Jika kalian memiliki rencana untuk mengunjungi Jepang di musim semi ini, tak akan lengkap perjalanan kalian tanpa melihat Miharu Takizakura di Fukushima!

Sumber: wikipedia, nippon.en

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2221 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.