Merasakan Kembali Kehidupan Zaman Edo di Kawagoe




Dengan mengunjungi Kawagoe, pengunjung dapat merasakan kembali kehidupan Jepang di zaman Edo

Jika Anda menyambangi Tokyo dan bosan dengan hiruk pikuk di pusat kota, maka sempatkanlah untuk pergi ke Kawagoe yang terletak di Saitama. Kawagoe dapat ditempuh lebih kurang 30-60 menit dari pusat kota Tokyo. Siapapun yang mengunjunginya seolah terlempar ke zaman Jepang kuno.

Kawagoe beisikan bangunan dengan bangunan bergaya Kurazukuri, salah satu desain arsitektur tradisional Jepang dengan dinding luar bangunan terdiri dari beberapa lapisan, yang paling luar dilapisi plester. Menjadi lokasi yang sangat tepat untuk mempercantik feed instagram anda dengan foto-foto yang memperlihatkan sisi tradisional Jepang.

Kawagoe adalah kota bekas benteng yang telah dijuluki “Little Edo” (小 江 戸). Terdapat banyak bangunan yang sudah ada sejak periode Edo tahun 1603. Hampir seluruh bentuk bangunan tetap dipertahankan tanpa ada perubahan yang besar.

Salah satu bangunan yang menjadi simbol Kawagoe adalah Toki no Kane (時の鐘) atau menara lonceng.  Toki no Kane aslinya dibangun pada tahun 1624 dengan struktur saat ini berasal dari tahun 1894. Menara ini dibangun kembali setelah Great Kawagoe Api tahun 1893 yang menghancurkan bangunan aslinya. Menara setinggi 16 meter ini telah memberi tahu waktu untuk penduduk setempat selama lebih dari 350 tahun. Anda dapat mendengar dering bel empat kali sehari (06:00, 12:00, 15:00, 18:00).

Tempat menarik lainnya di Kawagoe adalah Kashiya Yokocho, dimana ada tempat yang terkenal dengan toko-toko manis tradisionalnya. Di sini pengunjung akan menemukan tas lama dan kotak permen Jepang kuno. Hal ini biasanya dikemas dengan orang yang mencoba menikmati rasa Showa Periode awal (1926-1989).

Setelah itu, lanjutkan lah perjalanan ke Karazukuri Street. Ini adalah bagian dari kota dimana pengunjung akan benar-benar merasa seperti kembali ke Periode Edo Jepang. Banyak gudang di sini berasal dari abad ke-18 dan ke-19 dan memungkinkan Anda untuk melihat dan mengalami kehidupan Edo pedagang. Anda dapat menemukan toko-toko yang menjual barang-barang tradisional.

Perjalanan ke Kawagoe dapat ditempuh dengan menggunakan 3 jalur kereta, yakni Tobu, Seibu, dan JR. Untuk pengguna kereta JR, maka anda dapat mulai menaiki kereta dari Stasiun Shinjuku via Omiya dengan menggunakan jalur JR Saikyo/Kawagoe (55 menit, 760 yen untuk satu kali perjalanan). Pilihan menggunakan kereta JR sangat tepat untuk mereka yang memiliki JR Pass.

Apabila anda menggunakan kereta Seibu, maka dapat menaiki kereta dari Stasiun Seibu Shinjuku dan turun di Stasiun Hon-Kawagoe. Perjalanan ditempuh sekitar 50-60 menit dengan ongkos sekitar 500 Yen untuk satu kali perjalanan.

Jalur kereta terakhir adalah Tobu yang memiliki penawaran khusus melalui Discount Pass nya untuk yang hendak mengunjungi Kawagoe dari Stasiun Ikebukoro. Discount Pass ini merupakan penawaran khusus bagi turis asing. Terdapat dua jenis discount pass, yakni yang biasa dan Premium.

Untuk yang biasa, anda perlu merogoh kocek sekitar 700 Yen untuk dewasa dan 360 Yen untuk anak-anak. Sementara itu untuk premium, harganya berbeda sedikit, yakni 950 Yen untuk dewasa dan 480 Yen untuk anak-anak.

Kedua jenis tiket ini dapat digunakan untuk tiket pulang-pergi antara Stasiun Ikebukuro dan Kawagoe atau Kawagoeshi pada jalur Tobu Tojo. Selain itu, terdapat pula penawaran khusus di 10 toko setempat. Dengan menunjukkan discount pass di toko-toko yang terdaftar di website atau brosur maka anda berhak untuk mendapatkan penawaran khusus. Penawaran khusus ini bisa anda manfaatkan untuk membeli oleh-oleh atau sekadar duduk dan mencicipi makanan khas lokal.

Perbedaan utama dari kedua jenis tiket ini adalah, untuk tiket premium, anda dapat menaiki bus Tobu di sepanjang lokasi yang telah ditentukan, termasuk Tobu Koedo Loop Bus yang memudahkan akses untuk berkeliling ke titik-titik tujuan utama di sekitar Kawagoe.

Untuk membeli discount pass, anda cukup mengatakan kepada petugas stasiun yang berada di stasiun Ikebukuro dan memilih jenis tiket yang diinginkan. Petugas stasiun akan langsung juga memberikan peta yang memudahkan perjalanan mengelilingi Kawagoe. Perlu dicatat bahwa tiket ini hanya berlaku selama satu hari pada hari pembelian.

Kawagoe memiliki tiga stasiun utama, yakni Hon-Kawagoe (Seibu), Kawagoe (JR dan Tobu), serta Kawagoeshi (Tobu). Stasiun Hon-Kawagoe relatif lebih dekat dengan lokasi wisata yang sering dikunjungi, seperti Warehouse District yang dapat ditempuh 10-15 menit berjalan kaki.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



Chaula Rininta 7 Articles
C.R.A Food and Travel Hunter 武藤十夢推し @ayaelectro 📷: Samsung A5 2016 + Fujifilm XA3 Jakarta, Indonesia - Singapore ayaelectro.wordpress.com