Merasakan Atmosfir Final Piala Dunia 2002 Dengan Mengikuti Nissan Stadium Tours




Gelaran Piala Dunia 2002 yang menghasilkan Brazil sebagai pemenang menyisakan sejarah tersendiri untuk Jepang

Gelaran setiap Piala Dunia memang selalu menjadi magnet tersendiri bagi pecinta sepak bola di seluruh dunia. Tak terkecuali Jepang, yang pernah menjadi tuan rumah bersama Korea Selatan pada gelaran Piala Dunia 2002. Tampaknya kedua negara tuan rumah ini masing-masing mendapatkan hal positif.

Korea Selatan berhasil menjadi semifinalis dan menduduki peringkat keempat. Sedangkan bagi Jepang, meskipun timnasnya gugur di babak 16 besar, namun Jepang mendapatkan kesempatan untuk menyelenggarakan partai final di Yokohama International Stadium, Kota Yokohama.

Yokohama International Stadium yang sekarang berubah nama menjadi Nissan Stadium karena sponsor ini menyelenggarakan 4 pertandingan pada Piala Dunia 2002. Pertandingan pertama diadakan pada tanggal 9 Juni 2002 yang mempertemukan Jepang dengan Russia. Di akhir pertandingan Jepang keluar sebagai pemenang dengan skor 1-0. Pertandingan ini juga menjadi kemenangan pertama Jepang di turnamen piala dunia.

Monumen 2002 yang berada di East Gate
Monumen 2002 yang berada di East Gate

Pertandingan kedua di stadion ini mempertemukan Arab Saudi dengan Irlandia pada 11 Juni 2002. Irlandia mengakhiri pertandingan dengan kemenangan 3-0. Kemudian pada tanggal 13 Juni 2002, stadion yang berkapasitas 72.000 penonton ini menjadi saksi kemenangan tipis 1-0 Ekuador atas perlawanan Kroasia.

Pertandingan keempat, sekaligus menjadi pertandingan final Piala Dunia 2002 mempertemukan Jerman dengan Brazil pada 30 Juni 2002. Pertandingan yang juga dihadiri Kaisar Akihito (Kaisar Jepang) dan Presiden Korea Selatan pada saat itu Kim Tae Jung, dimenangkan oleh timnas Brazil. Kemenangan Brazil diraih dari dua gol yang dicetak oleh Ronaldo, yang juga mengukuhkan namanya menjadi top scorer dengan 8 gol.

Pemandu wisata sedang menjelaskan materi tur di dalam stadion
Pemandu wisata sedang menjelaskan materi tur di dalam stadion

Sampai saat ini, Nissan Stadium masih menjadi magnet wisata di Kota Yokohama. Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya World Cup Stadium Tours di stadion ini. Itu artinya, tidak sekedar berkunjung, namun juga wisatawan bisa belajar lebih dalam tentang sejarah stadion yang diresmikan pada bulan Maret 1998 ini.

Pada saat mengikuti stadium tours, wisatawan akan diajak menuju locker room yang dipakai timnas Brazil pada saat gelaran final. Di sana, wisatawan dapat berfoto dengan jersey para pemain Brazil dan papan tulis yang digunakan oleh pelatih Brazil, Luiz Felipe Scolari saat memberi arahan di ruang ganti.

Peserta tur juga bisa berpose mengenakan jersey Yokohama F. Marinos yang disediakan di dalam stadion
Peserta tur juga bisa berpose mengenakan jersey Yokohama F. Marinos yang disediakan di dalam stadion

Selain pertandingan level tim nasional, stadion ini juga masih aktif menggelar berbagai pertandingan J-League karena digunakan oleh Yokohama F. Marinos untuk menggelar pertandingan kandang. Menyaksikan pertadingan J-League di stadion ini juga bisa menjadi alternatif wisata bagi kamu yang menyukai sepak bola.

Untuk jadwal Stadium Tours sendiri memang tidak diadakan setiap hari. Untuk jadwal ter-update-nya kamu bisa mengunjungi website resmi Nissan Stadium di http://www.nissan-stadium.jp/english. Tiket masuk untuk mengikuti stadium tours cukup terjangkau, 500 yen untuk dewasa dan 250 yen untuk pelajar SMP/dibawahnya. Waktu yang dibutuhkan untuk stadium tours sendiri memakan waktu 60 menit.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2235 Articles

Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.