Menurut Menteri Keuangan Jepang, Pokemon GO Berdampak Positif Bagi Hikikomori dan Otaku




Pokemon GO sudah resmi dirilis di Jepang sejak hari Jumat (22/7)

Demam Pokemon GO sedang menghinggapi Jepang. Sejak perilisan perdananya hari Jumat (22/7) kemarin, penduduk Jepang dari berbagai kalangan memainkannya. Mulai dari anak sekolah, pekerja, hingga para selebritis berlomba untuk menangkap pokemon.

Pokemon GO juga tak luput dari perhatian pemerintah Jepang yang tetap meminta para warganya untuk waspada dan menjaga ketertiban ketika memainkannya. Menteri Keuangan Jepang, Taro Aso juga ikut memberikan pandangannya dan menilai ada dampak positif untuk penderita Hikkimori dan otaku.

“Hikikomori dan Otaku sekarang banyak yang berada di luar untuk bermain Pokemon GO, suatu hal yang bahkan tidak bisa dilakukan oleh psikiater. Lihat lah fenomena yang terjadi di seluruh dunia” ujar Aso kepada wartawan ketika berada di Bandara Narita menjelang perjalanannya untuk menghadiri pertemuan G-20 dengan Menteri Keuangan negara lain dan Bank sentral China.

Baca Juga
Tidak Melarang, Jepang Minta Warganya Tetap Waspada Saat Bermain Pokemon GO
Pemerintah Jepang Keluarkan Aturan Cara Aman Bermain Pokemon GO
Jepang Peringatkan Banyak Aplikasi Palsu Pokemon GO yang Beredar
Sponsori Pokemon GO, Saham McDonald’s Jepang Melonjak

Menurut Sankei Shimbun, Menteri Aso sendiri dikenal sebagai pribadi yang menyukai manga dan anime dan mendapat dukungan penuh dari otaku diseluruh Jepang.

Aso yang juga menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri, sempat menjadi berita utama di dunia dengan sebutan “Perdana Menteri Otaku.”Sedangkan dirumah, sering disebut “Lord Rozen” karena ia adalah penggemar manga populer Rozen Maiden (sebuah manga dan anime populer yang bercerita tentang boneka yang mempunyai nyawa).

Kepala Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga juga ditanyai pendapatnya tentang fenomena Pokemon GO pada saat konferensi pers pada hari Jumat.

“Saya tidak bermain game,” kata Suga sambil tertawa kecil.

“Saya harap mereka untuk berhati-hati sehingga dapat menikmati permainan dengan aman dan melaksanakan kegiatan mereka yang lain, karena ada juga orang-orang yang peduli tentang keselamatan dan sopan santun di depan umum.”

“Konten dari Jepang ini menjadi begitu populer, termasuk di luar negeri, saya sangat berterima kasih.”

Ketika diberitahu bahwa karakter Pokemon bisa ditangkap di sekitar Kantor Perdana Menteri, Suga hanya mengingatkan agar orang-orang untuk tidak berkeliaran ke daerah berbahaya dan tempat yang terlarang.

Sumber : Tokyo Reporter

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.