Menjelajahi Dunia Siluman “Gegege No Kitaro” di Shigeru Mizuki Road




Setiap tahunnya Shigeru Mizuki Road dibanjiri oleh para penggemar Gegege No Kitaro

Pop culture memiliki peranan besar dalam kebangkitan Negeri Sakura usai kakalahan mereka di Perang Dunia II. Sekarang ini, anime dan manga dari Jepang memiliki banyak penggemar yang tersebar di seluruh dunia.

Kesuksesan anime dan manga Jepang, juga membuat banyak pelancong asing yang berkunjung ke Jepang. Di Jepang memang banyak tempat wisata yang ditujukan untuk para penggemar manga atau anime tertentu.

Salah satu contohnya adalah Mizuki Shigeru Road di kota Sakaiminato, Prefektur Tottori. Ini adalah tempat wisata wajib untuk para penggemar salah satu manga dan anime paling populer di Jepang, GeGeGe no Kitaro.

Kota ini adalah kelahiran dari Shigeru Mizuki, sang kreator dari GeGeGe no Kitaro. Pertama kali dirilis pada tahun 1954 dalam bentuk kamishibai (sebuah kisah yang diceritakan dalam beberapa lembar kertas dalam gambar dan pencerita menceritakan kisahnya lembar demi lembar), kemudian merambah ke manga, anime, dan film.

GeGeGe no Kitaro memunculkan berbagai macam yokai (siluman Jepang). Yokai merupakan makhluk non-ilmiah dan abnormal, memiliki kekuatan ajaib yang menyebabkan fenomena aneh dan luar biasa.

Mizuki Shigeru Road terletak tidak jauh dari stasiun Sakai Minato yang di buka sejak tahun 193. Di sepanjang jalan ini ada 153 patung perunggu dari para karakter yang ada di cerita GeGeGe no Kitaro. Diantaranya adalah Kitaro dan Nezumi Otoko.

Selain patung, Yokai Jinja atau Kuil Yokai juga menjadi objek wisata favorit para turis yang mengunjungi Mizuki Shigeru Road. Untuk melengkapinya, juga terdapat museum yang sering mengadakan eksibisi dengan menampilkan para yokai.

Beragam ouvenir GeGeGe no Kitaro juga dijual di toko-toko yang ada di Mizuki Shigeru Road. Pengunjung juga bisa berkeliling mencari yokai yang dapat dimakan, seperti roti, manju (roti kukus), cumi bakar, dan lainnya yang berbentuk seperti yokai.

Pengunjung dapat dengan mudah mengakses Mizuki Shigeru Road dengan kereta. Dari stasiun Yonago (米子) di Prefektur Tottori, tempat ini berjarak sekitar 50 menit perjalanan dengan JR. Dari Yonago, sekitar 15 menit dengan JR. Akan cukup mudah untuk melihat kereta Mizuki Shigeru seperti ini.

Mizuki Shigeru Road dikunjungi oleh 2 juta wisatawan baik itu lokal ataupun internasional setiap tahunnya. Meski Shigeru Mizuki sudah meninggal dunia, karyanya ini tetap abadi di hati para penggemarnya.

Sumber: Japan Times, Noren

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2217 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.