Mengunjungi Kuil Itsukushima Yang Terapung di Hiroshima




Berbicara tentang wisata kuil di Jepang tentu kota pertama yang terlintas di kepala adalah Kyoto. Mantan ibukota Jepang tersebut memang memiliki ribuan kuil yang banyak diantaranya menjadi situs warisan budaya UNESCO. Namun, jauh di Hiroshima, ada sebuah kuil yang sangat menarik untuk didatangi. Kuil yang terlihat mengapung diatas permukaan air.

Kuil Itsukushima diyakini sudah berdiri sejak 1.400 tahun lalu yang sejak tahun 1996 terdaftar sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO. Terletak di Pulau Itsukushima yang berada di Hatsukaichii. Kuil ini pertama kali dibangun dengan dana pembangunan dari pemimpin militer Jepang yang bernama Taira no Kiyomori. Kuil Itsukushima kemudian dijadikan tempat pemujaan oleh klan Heike.

Baca Juga
Taman Monumen Perdamaian Hiroshima, Mengenang Pentingnya Perdamaian
Kenapa Hiroshima dan Nagasaki Dijatuhkan Bom Atom oleh Amerika Serikat?
Kinkaku-Ji, Pesona Kuil Emas di Utara Kyoto
Mengenali Perbedaan Antara Kuil Shinto dan Kuil Buddha

 

Sempat terpikir kenapa kuil Itsukushima dibangun diatas laut? Ternyata pada zaman dahulu,  Pulau Itsukushima adalah pulau suci yang tidak boleh dimasuki sembarang orang. Oleh karena itu, kuil ini dibangun dipingiran teluk Itsukushima sehingga banyak orang tetap bisa berdoa di kuil tanpa harus memasuki kawasan pulau.

itsukushima2

Sebelum memasuki kompleks kuil, para pengunjung akan disambut oleh torii atau gerbang pemisah antara dewa dengan manusia yang mengambang di tengah laut. Bangunan ini telah ada sejak tahun 1168, tetapi torii yang ada berdiri sekarang dibangun pada tahun 1875.

Pada saat air laut sedang surut, pantai di sekitar bangunan torii merupakan tempat populer untuk memunguti kerang yang bisa dimakan. Pada malam hari, bangunan kuil dan torii bermandikan cahaya dari lampu-lampu sorot yang dipasang di sekitar pantai.

Keindahan torii di Itsukushima saat matahari terbenam
Keindahan torii di Itsukushima saat matahari terbenam

Torii disangga empat tiang penopang agar berdiri stabil di atas pasir pantai. Seluruh konstruksinya berada di atas tanah, tanpa fondasi atau bagian yang dibenamkan ke dalam tanah. Torii dapat berdiri tegak hanya dengan mengandalkan bobot bangunan yang berketinggian 16 meter.

Pemandangan bangunan torii dengan latar belakang Gunung Misen merupakan dinilai sebagai salah satu dari “Tiga Pemandangan Terindah” di Jepang selain jalur pasir pantai di Amanohashidate dan pemandangan Teluk Matsushima. Banyak wisatawan yang berkunjung ke kuil ini untuk menikmati pemandangan torii saat matahari terbenam.

itsukishima_shrine_miyajima_6783

Memasuki kompleks kuil, terdapat beberapa bangunan dan benda-benda pusaka seperti sutra Heike Nōkyō yang termasuk ssebagai Pusaka Nasional Jepang. Sutra Heike Nōkyō milik kuil Itsukushima merupakan hadiah dari klan Taira pada tahun 1164.

Bagi sebagian orang, Hiroshima memang belum semenarik kota-kota lain di Jepang. Kebanyakan dari mereka mengenal Hiroshima karena tragedi bom atom di perang Dunia II. Namun kuil Itsukushima adalah salah satu tempat wisata paling indah dan populer yang ada di Jepang.

Jika kalian memiliki banyak waktu saat berwisata ke Jepang, sempatkanlah untuk menginjakan kaki di pulau Itsukushima. Dari stasiun Hiroshima, naiklah kereta JR Sanyo Line menuju stasiun Miyajimaguchi dengan biaya sebesar 410 yen dan gratis jika kalian menggunakan JR Pass. Setelah itu berjalan kaki ke Pelabuhan Miyajimagushi lalu naik ferry selama 10 menit dengan biaya 500 yen.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 1805 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.