Mengunakan Jasa Laundromat di Jepang yang Mudah dan Praktis




Jika Anda pergi ke Jepang, baik untuk pekerjaan atau liburan, melakukan laundry menjadi salah satu yang ada diurutan teratas dalam pikiran Anda. Ketika Anda mencari tempat melakukan laundry di Jepang, coba untuk mencari “laundy koin” atau “コインラウンドリー” di aplikasi google map.

Di Jepang, laundry koin dikenal dengan nama laundromat, sebuah istilah mudah dari “mencuci dengan menggunakan koin Anda.” Tidak hanya untuk wisatawan, laundry koin sangat umum dikalangan orang Jepang: ibu rumah tangga, mahasiswa, pekerja, dan orang tua.

Bagi masyarakat Jepang, laundromat atau tempat laundry adalah penolong di saat apartemen yang mereka huni tak memiliki cukup tempat untuk meletakkan mesin cuci. Hanya dengan membeli koin, maka pelayanan mencuci self service bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Laundromat sangat mudah di area perkotaan. Biayanya berbeda-beda bergantung tempat dan mesinnya, tetapi Anda cukup mengeluarkan sekitar 1000 JPY untuk pemakaian satu orang dari tahap pencucian sampai pengeringan. Untuk memakainya harus dengan uang receh. Pada dasarnya menggunakan uang 100 JPY, tetapi ada juga mesin yang bisa menggunakan uang 500 JPY. Ada juga tempat yang menyediakan mesin penukar uang.

Bagaimana cara mencuci di Laundromat Jepang

  1. Bawa deterjen Anda sendiri
    Anda dapat antara membeli deterjen di mini market terdekat ketika dalam perjalanan menuju ke laundry koin (paling murah seharga 100 atau sekitar Rp. 11.000,- dapat digunakan untuk laundry seminggu penuh), atau membelinya dari mesin penjual deterjen di tempat laundry (30 sampai 50 yen atau sekitar Rp. 35.000 – Rp.55.000,- untuk laundry 1 kg). Beberapa laundry koin, terutama di area perkotaan, juga dilengkapi dengan mesin yang telah ada deterjennya, tapi menambahkan deterjen pada cucian Anda juga tidak masalah.
  2. Siapkan uang koin Anda
    Kedua mesin pencuci dan pengering hanya menerima koin 100 JPY. Di beberapa laundry koin, mereka menyediakan mesin penukar koin dimana Anda dapat menukar uang 1000 yen (Rp. 110.000,-) atau 500 yen (Rp. 55.000,-) Anda dengan banyak koin 100 JPY. Jika Anda tidak dapat menemukannya di laundry koin, pergi ke mesin penjual untuk membeli minuman dan bayar dengan menggunakan sisa uang kembaliannya.
  3. Cari tahu yang mana mesin pencuci dan yang mana mesin pengering 
    Pengering biasanya terletak diatas dan memiliki penutup yang bening. Jika Anda ingin menggunakan mesin pencuci, disana biasanya terdapat dua tipe mesin pencuci: kapasitas 4.5 kg (seharga 200 yen atau sekitar Rp. 22.000,- untuk sekitar 35 menit) dan 7 kg (seharga 300 yen atau sekitar Rp. 33.000,- untuk sekitar 40 menit).
  4. Masukkan pakaian kotor Anda ke mesin cuci
    Cara yang paling aman adalah dengan menggunakan dua mesin: satu untuk pakaian berwarna putih, dan satu untuk yang berwarna lainnya. Setelah memasukkan semua pakaian Anda, jangan lupa untuk menuangkan deterjen Anda
  5. Sama seperti mencuci, mengeringkan laundry Anda juga sangat mudah
    Biasanya mesin – mesin dapat menampung 7 sampai 14 kg cucian dan untuk kapasitas tersebut Anda dapat mengeringkannya 20 sampai 30 menit lamanya. Itu seharga 100 yen /10 menit untuk mengeringkannya.
Laundromat sangat bermanfaat ketika Anda hanya memiliki waktu yang terbatas untuk mencuci cucian Anda, terutama ketika apartemen atau hotel Anda tidak memiliki mesin cuci. Di Indonesia juga sudah ada loh yang sudah memiliki outlet cukup banyak disekitaran JABODETABEK, kalian bisa mencoba pengalaman mencuci pakaian sendiri seperti di Jepang disini: www.ramalaundromat.com atau dapat menghubungi 021-2950 3970

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



Dhani Baskhara 1 Article
Light maker ☀