Panduan Menginap di Hotel Kapsul Jepang




Selama ini Jepang terkenal sebagai salah satu negara yang mahal untuk didatangi. Selain harga tiket pesawat yang mahal, biaya hidup sehari-sehari serta biaya tempat tinggal memang cukup tinggi jika untuk orang Indonesia.

Namun, jika kita rajin mencari info, Jepang tidak lah semahal yang kita pikir. Anda bisa mencari tiket pesawat promo yang sering beredar infonya di media social.

Untuk tempat tinggal pun masih ada beberapa tempat yang harganya cukup terjangkau seperti hostel ataupun sekarang yang lagi hits, hotel kapsul.

Hotel mini ini bukan hanya jadi solusi para wisatawaan namun juga sering menjadi penyelamat para penduduk lokal yang ketinggalan kereta terakhir. Karena tarif taksi di Jepang sangatlah mahal, banyak yang memutuskan menginap di hotel kapsul sampai pagi hari.

Baca Juga
Panduan Menginap di Warnet Jepang
Menghitung Biaya Harian Wisata Ke Tokyo
Tips Mendapatkan Visa ke Jepang
5 Hotel Unik di Jepang Yang Wajib Disinggahi

Hotel kapsul pertama kali dibuat dan dibuka untuk umum pada tahun 1979 di Osaka. Arsitek yang mendesainnya adalah Kisho Kurokawa. Ia terinspirasi dari Menara Kapsul Nakagin di Tokyo dan membuat hotel yang kamarnya hanya cukup untuk berbaring dan beristirahat saja.

Hotel kapsul pada awalnya hanya ditujukan untuk karyawan laki-laki yang berdinas ke luar kota. Namun, sesuai perkembangan zaman, sekarang ada hotel kapsul untuk tamu wanita dan hotel kapsul yang tidak membatasi jenis kelamin tamunya.

Tarif untuk menginap di hotel ini berkisar 3.000 hingga 4.000 yen, namun, juga ada yang lebih mahal, tergantung dari lokasi hotel tersebut. Memang, jika kita kalikan dengan kurs Rupiah, harga tersebut masih cukup mahal untuk orang Indonesia namun tentunya jauh lebih murah dibandingkan dengan tarif hotel-hotel lainnya di Tokyo.

Yang harus diperhatikan juga adalah waktu check in. Di Jepang agak sedikit berbeda dengan di Indonesia, waktu rata-rata untuk masuk ke tempat penginaoan disana sekitar jam 4 sore.

Setelah datang ke hotel, kalian bisa melakukan registrasi di resepsionis. Prosesnya sendiri tidak terlalu rumit asalkan paspor tidak bermasalah. Setelah melakukan registrasi, para tamu diharuskan menyimpan alas kaki di dalam locker dan sebagai gantinya mereka akan mendapatkan sendal dari hotel.

Biasanya kalian akan diberikan nomor kamar dan nomor locker yang sama. Selain itu para tamu juga akan diberikan baju khusus untuk tidur dan ada beberapa yang menyediakan yukata.

Untuk tempat pemandian kalian harus berbagi dengan tamu yang lain seperti di hostel, dan ada juga pemandian seperti onsen. Jadi, nanti jangan terkejut melihat banyak tamu lain disana.

Di dalam kamar hanya tersedia satu kasur dan tentu saja untuk satu orang. Fasilitas yang diberikan seperti tv, radio, jam alarm dan koneksi internet yang sangat cepat akan membuat para tamu semakin nyaman. Di hotel ini juga tersedia bar untuk para tamu yang ingin membeli makanan ataupun minuman

Secara keseluruhan, jika kalian belum terbiasa mungkin akan terasa aneh untuk tidur dalam kapsul ini. Namun, ini bisa menjadi salah satu opsi atau solusi untuk menekan biaya travelling selama berada di Jepang.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2225 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.