Menghitung Biaya Harian Wisata ke Tokyo




“Berapa sih duit yang harus dibawa kalo ke Jepang?” Itu menjadi pertanyaan pertama bagi orang-orang yang penasaran ingin berwisata ke Jepang. Mari kita menghitung biaya harian wisata ke Tokyo!

Jepang adalah salah satu negara yang paling indah di dunia dan banyak orang mencintai Negeri Sakura ini. Jepang dapat menunjukkan budaya yang mendalam dari tiap kota dalam bentuk kastil, taman dan kuil. Para penduduknya pun dikenal ramah dan disiplin, hal ini semakin menambah kesan jika Jepang adalah “surga kecil” di Asia.

Selain dikenal sebagai negara yang indah, Jepang juga dikenal sebagai negara yang “mahal”. Banyak barang di sana yang harganya jauh lebih mahal, apalagi jika dibandingkan dengan harga di Indonesia.

Baca Juga
Mencari Penginapan Di Jepang Dengan Airbnb
Deretan Hostel Baru di Tokyo Yang Menarik Untuk Disinggahi
Tak Perlu Takut Tersesat, Hyperdia adalah Jawabannya
Tips Mendapatkan Visa Ke Jepang

Sebagai contohnya, harga air mineral yang di Indonesia bisa kita beli seharga kurang lebih 3.000 rupiah, di Jepang Anda harus mengeluarkan uang sekitar 90 hingga 120 yen atau sekitar 10.000 rupiah.

The Daily Japan akan coba membantu menghitung-hitung biaya yang harus kita keluarkan dalam satu hari jika melakukan wisata ke Jepang berdasarkan pengalaman kami.

Patung Hachiko, salah satu simbol utama dari Shibuya
Patung Hachiko, salah satu simbol utama dari Shibuya

Sebelum lebih lanjut, hitungan ini tidak termasuk harga tiket pesawat, harga tiket kereta atau bus untuk perjalanan antar kota, biaya bersenang-senang di klub malam, berkunjung ke tempat wisata seperti Tokyo Dinsey Land atau Disney Sea, membeli oleh-oleh untuk keluarga dan pacar, ataupun biaya untuk menonton konser band dan theater idol group.

Biaya rata-rata satu hari di Tokyo

1. Penginapan

Biaya rata-rata penginapan di Tokyo sekitar 3.000 yen atau jika dikonversi ke dalam rupiah sekarang (1 yen = 115 rupiah) sebesar 345.000 rupiah. Tentu saja ini bukan harga menginap di hotel atau tempat mewah lainnya.

Ini harga rata-rata untuk hostel, masih cukup mahal memang jika dibandingkan dengan harga permalam hostel di Singapura ataupun Malaysia. Jika kalian mempunyai teman yang tinggal di Tokyo dan bisa disinggahi, akan sangat menekan biaya perjalanan.

Airbnb menjadi salah satu solusi menjadi penginapan yang murah di Jepang
Airbnb menjadi salah satu solusi menjadi penginapan yang murah di Jepang

Pilihan lain yang sering dipilih oleh para backpacker adalah menginap di manga cafe atau warnet. Untuk biaya sewa warnet di sekitaran Tokyo berkisar 1.600 yen atau 184.000 rupiah. Apakah nyaman menginap di warnet? Simak ulasannya: Panduan Menginap di Warnet Jepang

2. Sarapan

Untuk sarapan, disarankan jangan yang terlalu mewah. Kalian bisa membeli dua onogiri di konbini dengan total harga 250 yen atau sekitar 2.900 rupiah. Setelah membeli sarapan, tentu kalian juga harus membeli air kecuali memang terbiasa untuk makan tanpa minum.

Harga air mineral di konbini bermacam-macam tergantung mereknya dan lebih murah dari harga di mesin penjual otomatis. Kita ambil rata-rata harganya 10.000 rupiah.

Jika kalian memesan penginapan melalui Airbnb, sebisa mungkin mencari yang menyediakan dapur dan peralatan masak. Kami selalu membawa persediaan mie instant yang cukup banyak setiap kali berkunjung ke Tokyo untuk sarapan.