Menjelajah Nara, Ibukota Pertama Jepang




Tidak banyak yang tahu jika Nara adalah ibukota Jepang yang pertama sebelum Kyoto dan Tokyo

Jika ditanya dimana ibukota pertama Jepang, mungkin sebagian besar wisatawan asing akan menjawab Kyoto. Namun tahukah kalian ternyata bukan Kyoto ataupun Tokyo jawabannya? Ibukota permanen Jepang yang pertama adalah Nara (奈良). Terletak di sisi Barat Jepang, Nara menjadi Ibukota Jepang pada tahun 710.

Keistimewaan yang dimiliki kota ini dapat digambarkan dalam satu kalimat “The gorgeous covered with the calmness”. Memang jumlah wisatawan yang berkunjung ke Nara tidak sebanyak yang berkunjung ke Kyoto, dan waktu terasa berjalan lama di sini.

Di Nara, rusa dipercaya sebagai utusan Tuhan yang telah melindungi kota

Namun apabila kalian telah mengetahui seluk beluk dan sejarah kota ini sekitar 1300 tahun yang lalu, kalian akan menyadari bahwa Nara adalah kota yang sangat indah dan tidak kalah dari kota lain yang berada di wilayah Kansai. Nara dikenal sebagai salah satu prefektur yang memiliki warisan dunia kedua terbanyak di Jepang setelah Kyoto.

Kali ini kami akan membahas mengenai dua warisan dunia yang paling terkenal di sini, yaitu kuil Todaiji dan kuil Horyuji.

Kuil Todaiji (東大)

Kuil Todaiji adalah kuil utama dari seluruh kuil Buddha di Jepang

Kuil ini adalah komplek kuil Buddha yang terletak di jantung kota. Kuil Todaiji dibangun pada tahun 752 sebagai kuil utama dari seluruh kuil Buddha yang berada di Jepang.

Yang menjadikan kuil ini istimewa dibandingkan kuil-kuil Buddha yang lain adalah dalam kompleks kuil Todaiji terdapat patung Buddha berukuran raksasa yang memiliki tinggi lebih dari 15 meter. Dengan melihatnya saja kita sudah dapat merasakan betapa besarnya pengaruh tempat ini bagi masyarakat Jepang.

Di dekat kuil Todaiji terdapat Nara Park, yang merupakan taman terbesar sekaligus tempat tinggal bagi ratusan ekor rusa. Dipercaya sebagai utusan Tuhan yang telah melindungi kota, sekitar 1200 rusa yang berada di sini kemudian dijadikan sebagai simbol kota, dan bahkan dianggap sebagai kekayaan alam.

Rusa-rusa di taman ini sudah terbiasa dengan adanya manusia, sehingga pengunjung pun bisa dengan mudah mendekati rusa-rusa ini dan bahkan bisa memberi makanan.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2217 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.