Mengenal Makoto Shinkai, Sosok Dibalik Kesuksesan Kimi no Na Wa.




Makoto Shinkai

Film Kimi no Na Wa. atau ‘your name.’ menjadi salah satu pusat perhatian para pecinta animasi Jepang di tahun 2016 silam. Bahkan, film tersebut berhasil menempati peringkat kedua Box Office sepanjang masa di Jepang.

Pendapatan Kimi no Na Wa. hanya kalah dari film Spirited Away buatan Hayao Miyazaki yang kerap disebut-sebut sebagai film animasi terbaik sepanjang sejarah.

Baca Juga
Merangkum Kesuksesan Kimi no Na Wa, dan Kenapa Tetap Harus Disaksikan di Bioskop!
5 Centimeters Per Second: Romansa Romantika dalam bentuk Animasi
Kotonoha no Niwa: Karena Cinta Tidak Memandang Usia
Sejarah Perkembangan Anime di Jepang

Di balik kesuksesan ‘your name.’ dalam merebut hati para penggemar anime di seluruh dunia, ada satu sosok yang tidak dapat dipisahkan dengan film tersebut. Sosok itu adalah Makoto Shinkai, penulis naskah sekaligus sutradara dari film yang berhasil meraih keuntungan lebih dari 20 miliar yen ini. Film ‘your name’ sekaligus menjadi film tersukses dari segi finansial bagi Makoto Shinkai.

Shinkai, yang merupakan mantan desainer grafis memulai karirnya di industri anime pada tahun 1999. Pada tahun itu ia merilis anime She and Her Cat (Kanojo to Kanojo no Neko) yang bisa dibilang merupakan anime low-cost ala kadarnya.

Film tersebut menggabungkan beberapa gambar monokromatis hasil editing dari foto asli dengan karakter orisinil. Shinkai dengan kekasihnya sendiri, Miko Shinohara yang mengisi suara karakter kucing dengan pengasuh perempuannya. Soundtrack film berdurasi kurang dari 5 menit ini dikerjakan oleh Tenmon, rekannya semasa masih bekerja di perusahaan video game.

Hoshi no Koe

Beberapa bulan kemudian yakni pada tahun 2000, Shinkai membuat ilustrasi yang menjadi cikal bakal dari anime Voices of a Distant Star (Hoshi no Koe) yang dirilis pada tahun 2002.

Shinkai dengan Shinohara kembali menjadi pengisi suara dua karakter dalam film berdurasi sekitar setengah jam itu, dengan Tenmon sekali lagi membuat lagu temanya. Film ini berhasil meraih beberapa penghargaan seperti Animation Kobe dan Seiun Award.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2215 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.