Mengenal Lima Makhluk Mistis yang Populer di Jepang




Selain budaya, Jepang juga terkenal dengan cerita mengenai makhluk mistis

Selain terkenal akan kekayaan budayanya, Jepang pun memiliki berbagai cerita mengenai makhluk-makhluk mistis, atau yang biasa disebut dengan nama Yokai, yang selalu berhubungan dengan kehidupan masyarakat di Negeri Sakura.

Dari banyaknya cerita mengenai yokai, tentu saja ada beberapa makhluk yang sudah sangat terkenal, bahkan mungkin tidak hanya di Jepang saja melainkan juga terkenal di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Berikut ini adalah beberapa makhluk mistis terkenal asal Negeri Matahari Terbit yang kami kutip dari tsunagujapan.

  1. Kappa

Kappa merupakan makhluk mistis yang sangat terkenal di kalangan masyarakat Jepang, bahkan mungkin dunia. Tubuh dari makhluk yang satu ini berwarna hijau serta memiliki selaput/sirip pada tangan dan kakinya.

Salah satu ciri khas dari Kappa adalah sesuatu yang mirip piring di atas kepalanya. Konon apabila piring tersebut kering atau rusak, maka Kappa akan melemah atau bahkan bisa mati. Ia hidup di perairan, seperti sungai dan rawa, makanan kesukaannya adalah mentimun.

  1. Oni

Oni merupakan makhluk yang mirip Ogre di cerita negara Barat. Memiliki berbagai varian warna, namun mayoritas memiliki warna biru dan merah. Sesosok Oni memiliki satu atau dua tanduk, taring yang besar dan kuku yang tajam.

Mereka biasanya membawa berbagai macam senjata, tetapi biasanya senjata yang sering dibawa adalah alat pemukul. Konon mereka tinggal di neraka dan memiliki tugas untuk memberikan hukuman kepada orang-orang yang berdosa.

  1. Tengu

Tengu adalah sesosok Yokai yang memiliki wajah merah, berbadan tinggi, hidung yang panjang serta berpakaian ala petapa. Ia dikenal sebagai makhluk yang membawa malapetaka, tetapi ia juga disembah sebagai dewa gunung di beberapa wilayah di Jepang. Nama Tengu juga sering digunakan sebagai perumpamaan bagi orang yang sombong.

  1. Zashiki Warashi

Zashiki Warashi adalah makhluk yang memiliki tangan ke bawah dan sudah melegenda di wilayah Tokoku selama bertahun-tahun. Rupa dan pakaiannya seperti anak kecil, ia hidup di rumah-rumah masyarakat.

Dipercaya sebagai simbol keberuntungan, konon bagi rumah yang terdapat makhluk ini maka akan mendapatkan keberuntungan, sedangkan bagi rumah yang ditinggalkan oleh Zashiki Warashi maka akan mendapatkan keterpurukkan.

  1. Rokuro Kubi

Makhluk mistis yang satu ini sering muncul di sastra klasik dan esai Jepang. Pertama kali dilihat mungkin memang mirip manusia normal, tetapi ia memiliki leher yang sangat panjang. Meskipun begitu, ada juga yang tidak menyebutnya sebagai makhluk mistis, melainkan penyakit aneh. Ada sebuah dokumen yang menyatakan bahwa lelaki berleher panjang pernah muncul pada tahun 1810.