Mengeksplorasi Berbagai Jenis Ramen di Museum Ramen Shin-Yokohama




Museum Ramen Shin-Yokohama adalah salah satu tempat yang menjadi surga bagi para pecinta ramen di Jepang

Ramen merupakan sebuah makanan yang berbahan dasar mie dan berasal dari Tiongkok. Pada abad ke-19, masyarakat Tiongkok mulai memperkenalkan masakan berbahan dasar mie tersebut ke dunia, termasuk Jepang. Setelah masuk ke Negeri Sakura, warga yang ada di sana memodifikasi masakan mie dari Tiongkok tersebut dengan berbagai bahan lokal Jepang dan muncullah ramen seperti yang kita kenal saat ini.

Terkenalnya ramen sebagai salah satu makanan khas Jepang ini menjadi cikal bakal dibangunnya sebuah taman hiburan bertema makanan pertama yang berdiri di Shin-Yokohama pada tahun 1994 silam. Memiliki nama yang sama dengan daerah asalnya, Museum ini bisa dikunjungi dengan menaiki kereta JR dari Tokyo yang langsung menuju stasiun Shin-Yokohama dan dilanjutkan dengan berjalan kaki selama lima menit saja.

Tiket masuknya pun tergolong murah, kalian hanya perlu merogoh kocek sebesar 310 yen saja (atau sekitar Rp 37.200) untuk bisa menikmati berbagai jenis ramen yang tersedia di sini. Jika kalian membawa anak kecil berumur 0-6 tahun tidak akan dikenakan tiket masuk. Sedangkan jika kalian membawa anak berusia 6-12 tahun, maka hanya akan dikenakan biaya sebesar 100 yen (sekitar Rp 12.000) saja.

Selain itu, tiket tersebut berlaku seharian penuh, jadi kita bisa bebas keluar-masuk museum dalam sehari itu. Semisal kita datang untuk makan siang, lalu pergi dulu keluar untuk melihat toko lain di luar museum dan bisa kembali lagi ke sana untuk makan malam tanpa perlu membeli tiket lagi.

Di lantai pertama dari Museum Shin-Yokohama Ramen, terdapat toko dari museum, studio foto, lintasan balap mini 4WD (Tamiya) dan cetakan koran dari masa lalu. Kemudian di lantai dua terdapat sebuah Kafe Kateko, toko makanan ringan, ada pemandian umum (Onsen) dan ada rumah sakit serta toko permen dengan gaya bangunan yang kuno.

Memasuki lantai ketiga, terdapat banyak restoran yang menyediakan ramen terbaik dari berbagai daerah seperti Sapporo, Yamagata, Kitakata, Hakata, Tokushima dan Tokyo. Tidak hanya itu, ada pula restoran yang sedikit mengadaptasi makanan dari Jerman dan Italia. Tambahan lainnya, sudah ada restoran yang menyediakan makanan khusus bagi para vegetarian dan wisatawan Muslim.

Kita tidak hanya bisa mencicipi berbagai menu ramen dari seluruh daerah Jepang di museum saja. Tetapi kita juga bisa membelinya untuk makan di rumah, bahkan dijadikan oleh-oleh untuk kerabat yang ada di Indonesia. Seperti yang sudah disebutkan bahwa di lantai satu terdapat toko dari Museum Shin-Yokohama Ramen.

Di toko tersebut kita bisa membeli peralatan makan ramen seperti mangkuk dan sumpit. Dan satu hal yang terpenting, kita bisa membeli berbagai jenis ramen instan yang bisa kita bawa pulang dan masak sendiri di rumah.

Selain itu, buat kalian yang masih mengoleksi mobil mini 4WD (Tamiya), kalian bisa memainkannya di lintasan balap sepanjang 30 meter yang ada di lantai satu. Tetapi jika kalian tidak membawa Tamiya kalian, tidak perlu khawatir karena di sana juga tersedia Mini 4WD yang bisa kalian sewa dan menantang orang-orang untuk balapan bersama kalian.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



Faiz Fachnaz Saputra 57 Articles

Gamer | IGN: Riyuunyan | Japanese Football Enthusiast | Pokemon Master | Freelance Writer | SAISAI Family x AID x i’s