Mengapa Toilet di Jepang Sangat Bersih?




Toilet di Jepang sangat dijaga kebersihannya

Satu hal yang paling membuat orang Jepang bersemangat adalah toilet. Kamar mandi atau toilet memiliki arti khusus bagi orang Jepang.

Jepang terkenal dengan toiletnya yang canggih, teknologi pembersihan dari belakang dan dudukan toilet berpenghangat. Hal-hal itu merupakan nilai yang terdapat dalam kebudayaan Jepang.

Hal itu juga yang menginspirasi Toto, merk saniter Jepang, membangun museum toilet senilai 60 juta dolar AS di Kita-Kyushu, di bagian paling selatan Jepang.

Berikut ini empat hal yang mungkin belum anda ketahui soal obsesi warga Jepang terhadap toilet, dikutip dari Washington Post melalui Republika Online.

1. Aplikasi untuk Mencari Toilet Umum

Ada banyak apalikasi di Jepang yang bisa membantu warganya menemukan toilet umum terdekat. Aplikasi ini juga membantu mencari toilet dengan fasilitas khusus, misalnya toilet dengan fasilitas bagi orang dioperasi karena sulit buang air besar. Masalah itu umum di Jepang karena sebagian besar penduduknya berusia lanjut.

Lion, sebuah manufaktur obat diare Stoppa (dan berbagai macam perlengkapan toilet dan deterjen) menyediakan aplikasi @Toilet bagi mereka yang membutuhkan informasi toilet terdekat. Cukup klik tombol ‘darurat’, selanjutnya akan tersedia informasi lokasi toilet terdekat.

Sedangkan NPO Check mengoperasikan aplikasi gratis bernamaCheck a Toilet. Aplikasi tersebut memiliki data 53 ribu toilet umum di kota-kota besar. Aplikasi akan menjunjukkan toilet terdekat beserta informasi, seperti apakah bisa diakses orang dengan kursi roda atau ramah dengan orang lanjut usia. Pengguna bisa berkontribusi dengan memberi informasi mengenai toilet yang mereka kunjungi.

Bagi perempuan yang membutuhkan toilet bersih, perusahaan Zenrin menyediakan aplikasi bernama Koisuru Map atau Peta Cinta. Aplikasi ini berisi informasi mengenai salon kuku, kafe dan letak toilet bersih. Informasi yang diberikan, misalnya apakah ada ruangan untuk berdandan, apakah ada stop kontak dan fasilitas untuk mengganti popok bayi. Staf perempuan Zenrin mengunjungi dan meninjau setiap toilet sebelum menambahkannya dalam daftar mereka.

2. Orang Jepang Percaya Adanya Dewa Toilet

Tahu kenapa kamar mandi di Jepang sangat bersih dan berteknologi tinggi? Mungkin karena toilet tersebut diawasi oleh dewa toilet.

Konon, dewa toilet di Jepang, Kawaya-no-kami, lahir dari kotoran Izanami, yaitu dewi bumi dan kegelapan. Zaman dulu sebelum toilet modern seperti sekarang, kotoran manusia digunakan sebagai pupuk.

Orang Jepang percaya Kawaya-no-kami memberikan panen yang baik dan juga melindungi orang-orang agar tidak terjatuh ke dalam lubang toilet. Pada 2010, bahkan ada lagu untuk dewa toilet. LaguToire no Kamisama (Dewa Toilet) sangat populer.

Ini juga menjadi alasan mengapa orang Jepang selalu meletakkan bunga untuk menyenangkan dewa toilet. Kamar mandi di Jepang umumnya terpisah dari rumah.

3. Ada Ritual Khusus di Toilet

Beberapa wilayah di Jepang kadang memiliki adat khusus terkait toilet. Di Prefektur Aichi, dikenal tradisi benjo-biraki (pembukaan toilet). Dalam tradisi ini, warga akan duduk di atas toilet, memakan kudapan dan menyesap teh.

Asahi Shimbun melaporkan Agustus lalu mengenai upacara untuk merayakan kamar mandi baru di Nagoya Bunri University di Aichi. Tradisi ini untuk menghormati dewa toilet.

Sekelompok mahasiswa menempatkan bantal di dudukan toilet baru tersebut. Setelah itu, masing-masing orang, termasuk rektor duduk di toilet, memakan kue beras dan minum teh hijau.

“Ini acara yang cukup aneh. Kami harap tradisi menarik ini bisa mempromosikan Inazawa,” ujar Yuichi Oie (22 tahun) kepada surat kabar itu.

Pemerintah Jepang Luncurkan ‘Tantangan Toilet Jepang’

Toilet adalah isu feminis. Setidaknya itulah yang disampaikan pemerintah.

Tahun ini pemerintah Jepang meluncurkan Japan Toilet Prize, sebagai bagian dari kampanye untuk meningkatkan kualitas hidup dengan meningkatkan kualitas toilet. Tidak heran toilet umum di Jepang selalu bersih dan tisu toilet selalu tersedia.

Penghargaan itu untuk memastikan kamar mandi selalu bersih dan aman. Selain itu untuk mengurangi salah satu masalah pelik yang kerap terjadi di toilet perempuan, yaitu mengurangi antrean.

“Tanpa lingkungan yang memadai dimana perempuan bisa menggunakan fasilitas sanitasi, akses mereka dalam partisipasi sosial di sekolah dan tempat kerja akan terbatas,” ujar Menteri Pemberdayaan Perempuan Jepang Haruko Arimura dalam forum Perempuan Dunia di Tokyo Agustus lalu.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2216 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.