Mengapa Kota Besar di Jepang Tetap Terjaga Kebersihannya?




Orang Jepang memiliki kultur turun menurun untuk menjaga kebersihan kota mereka

Selain terkenal karena objek wisatanya, salah satu alasan yang membuat para wisatawan asing merasah nyaman dengan Jepang adalah karena mereka berhasil menjaga kota mereka tetap bersih.

Menurut catatan, Tokyo adalah kota paling bersih di Asia sedangkan Kobe berada diposisi ketiga. Kedua kota tersebut termasuk kota yang besar dan sibuk terutama Tokyo yang menjadi ibukota negara.

Baca Juga
Cara Jepang Dalam Mengurangi Jumlah Perokok di Negaranya
Jepang Ingin Tambahkan Tanda Bahaya Merokok Dalam Kemasan Bungkus Rokok
Rahasia Dibalik Orang Jepang Mudah Tertidur di Kereta
Ojigi, Cara Orang Jepang Melakukan Salam

Banyak yang mungkin menanyakan mengapa di kota besar dan sangat sibuk seperti Tokyo, kebersihan masih tetap bisa dijaga?

Berikut mungkin adalah 3 alasan utamanya:

1. Pemilihan Tempat Sampah

Jepang adalah satu kota yang sangat keras dan disiplin untuk masalah sampah. Untuk itu mereka menyediakan tempat sampah berdasarkan kategorinya. Plastik dan botol tentu berada di tempat yang berbeda.Jadi, jangan coba membuang sampah sembarangan selama Anda berada di Jepang karena mungkin Anda bisa terkena denda untuk hal kecil seperti ini.

2. Kesadaran Penduduknya

Nampaknya sudah menjadi salah satu tradisi orang Jepang dimana mereka diajarkan tanggung jawab besar sejak anak usia dini dalam hal apapun. Dalam pertunjukan musik atau konser, di dalam stadion dan dimanapun mereka akan selalu sadar akan kebersihan.

Umumnya, orang di Jepang menghormati dan menjaga lingkungan sekitar mereka, apakah itu manusia atau bahan. Gambar graffiti dan vandalisme terlihat jarang di Jepang.

Meski dipadati ribuan orang yang meyebrang setiap harinya, Shibuya Crossing tetap terjaga kebersihannya

Ada satu hal yang akan membuat kita kagum tentang bagaimana kesadaran mereka akan kebersihan. Di Jepang, terutama Tokyo, tempat sampah sulit kita temui kecuali di depan konbini.

Para penduduknya akan tetap membawa sampah mereka atau memasukannya kedalam tas sampai mereka menemukan tempat sampah dan jika tidak ada tempat sampah, mereka akan membawanya kerumah.

Ini bisa menjadi contoh yang baik untuk para turis asing terutama turis asal Indonesia yang berkunjung ke negeri Sakura tersebut.

3. Smoking Area

Selain terkenal disipilin untuk sampah, Jepang juga sangat disiplin untuk rokok meski tidak “selebay” Singapura. Anda tidak bisa merokok disembarang tempat yang tentunya berbeda dengan di Indonesia. Untuk tetap menghormati para warga dan turis asing yang merokok, mereka menyiapkan smoking room yang sangat rapih. Tempat ini bisa Anda temui di pinggir jalan ataupun di depan stasiun.

Anda akan jarang menemukan sampah puntung rokok dijalan kota-kota Jepang karena mereka sadar ini akan membuat kota mereka menjadi kotor.

Jika anda penggemar sepakbola, tentu masih ingat dengan cerita para suporter Jepang yang selalu membersihkan sampah mereka selepas pertandingan di World Cup 2014 Brazil. Ya, itu sudah seperti menjadi kultur dan budaya mereka yang harus kita pelajari.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 1802 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.