Mengapa Kimi no Na Wa. Bisa Sangat Sukses?




Kimi no Na wa.

Menjadi film terlaris untuk tahun 2016, merajai box office Jepang selama tiga bulan beruntun, serta berhasil mengalahkan pendapatan beberapa film karya Hayao Miyazaki dan Studio Ghibli. Itulah gambaran singkat kesuksesan film Kimi no Na Wa.

Hingga saat ini, film karya Makoto Shinkai ini telah meraup pundi-pundi lebih dari 20 milyar yen. Untuk kategori film animasi, angka tersebut hanya kalah dari film Spirited Away. Kimi no Na Wa. adalah salah satu fenomena yang terjadi di Jepang untuk tahun ini.

Dengan semua kesuksesan yang berhasil didapatkan, pertanyaan pun muncul. Apa yang membuat film ini sangat sukses? Dan mengapa orang Jepang seperti tak bosan untuk menontonnya meski sudah tayang lebih dari tiga bulan di bioskop?

Dalam wawancara bersama Reuters, Shinkai mencoba menguraikan kenapa karyanya kali ini sangat fenomenal. Menurut sutradara berusia 43 tahun itu, Kimi no Na Wa. berhasil menimbulkan simpati masyarakat Jepang kepada gemba besar yang berujung tsunami di Tohoku pada tahun 2011 silam.

Makoto Shinkai
Makoto Shinkai

Di dalam film, dua karakter utama yakni Taki Tachibana dan Mitsuha Miyamizu bertukar tubuh di dalam mimpi, hingga akhirnya wilayah tempat tinggal Mitsuha dilanda bencana yang menewaskan hampir seluruh penduduknya.

Bencana yang terjadi di dalam film hampir mirip dengan gempa dan tsunami di Tohoku yang juga menewaskan ribuan orang. Faktor inilah yang membuat banyak orang ingin menonton Kimi no Na Wa.

Shinkai juga menambahkan jika usai gempa terbesar dalam sejarah Jepang tersebut terjadi, penduduk dan penonton film di Jepang mengalami perubahan.

”Jika film ini tayang sebelum tahun 2011, saya rasa tidak akan menjadi populer seperti ini. Hal ini seperti sebuah karya yang dibuat pada waktu tertentu, dan secara kebetulan terhubung dengan kejadian sebelumnya. Saya rasa, secara kebetulan itulah yang terjadi pada Kimi no Na Wa,” lanjut Shinkai.

Fenomena Kimi no Na Wa. sekarang ini tidak hanya di Jepang. Film ini juga mampu merajai box office negara lain yang menayakangkannya seperti Taiwan, Hongkong, dan Thailand.

Melihat apreasi dari dunia luar, Shinkai tak berharap banyak karyanya bisa meraih Academy Awards. Menurutya, dengan sudah menjadi nominasi saja hal itu sudah menjadi keajaiban yang mungkin tak akan terulang kembali.

Bagi kalian yang berharap Kimi no Na Wa. akan tayang di Indonesia, keinginan kalian terkabulkan karena film ini dapat kalian saksikan di bioskop mulai tanggal 7 Desember 2016 mendatang.

Sumber: Asahi

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.