Mencari Gyudon Terbaik antara Sukiya, Matsuya, dan Yoshinoya!




Salah satu gerai Yoshinoya di Jepang

Kedai Gyudon merupakan alternatif utama bagi para turis jika ingin mengisi perutnya. Bagi turis atau pendatang dari Indonesia, selain harganya murah, kedainya terdapat di hampir semua titik, gyudon juga relatif lebih familiar di lidah kita. Terutama karena banyak pula kedai gyudon yang terdapat di Indonesia, sebut saja Yoshinoya yang memiliki gerai berbagai titik dan menjadi brand paling diingat jika menyebut kata gyudon.

Tapi menurut saya secara pribadi, rasa gyudon yang ada di Indonesia dan di Jepang agak berbeda. Ya tentunya anda tidak dapat menemukan menu gyudon dengan sambal di negeri sakura sana. Namun jika dirasakan dengan seksama, untuk menu gyudon original pun akan terasa sangat berbeda. Untuk suatu brand, rasa gyudon mereka di Jepang jauh lebih enak dibandingkan yang di Indonesia. Sebaliknya berlaku pula untuk salah satu brand lainnya.

Berikut sedikit ulasan dan peringkat kedai gyudon favorit versi saya!

Baca Juga
Mencicipi Kebab Halal Terbaik di Shibuya
Berbagai Macam Makanan Khas Okinawa
Yatai, Kios Jajajan Pinggir Jalan Khas Jepang
Menikmati Omurice Dengan Rasa Berbeda di Pomme’s Prost

1. Sukiya

Sebenarnya Sukiya sudah hadir di Indonesia, lebih tepatnya di beberapa mall di Jakarta. Pernah satu sekali saya mencobanya dan agak sedikit kecewa dengan rasa yang disuguhkan di Jakarta karena memang rasanya tak sempurna seperti yang di Jepang. Walaupun begitu saya bisa bilang masih dalam taraf enak. Uniknya, di Indonesia terdapat menu paket yang “sangat tidak Jepang”, mereka menawarkan paket gyudon dengan sayur kangkung. Tentunya disajikan terpisah, namun tetap saja unik.

Kalau di Jepang sendiri, Sukiya menjadi pilihan nomor satu saya karena rasanya yang luar biasa dan varian menu yang unik. Menu utama favorit saya adalah Cheese Gyudon. Keju serta lelehan keju yang melekat di atas daging sapi gyudon dan nasi panas rasanya terlihat begitu menggiurkan, rasanya pun memang benar-benar lezat. Agar dapat lebih nikmat, segera aduk daging sapi gyudon dengan keju agar keju semakin meleleh dan tersebar rata di daging nya.

Gyudon cheese
Cheese Gyudon

Biasanya jika anda memesan menu ini, akan disuguhkan pula tabasco. Sejujurnya saya bukanlah penggemar tabasco, tapi sedikit tuangan tabasco di gyudon cheese semakin menyempurnakan rasanya. Harganya pun relatif terjangkau, untuk gyudon cheese mini seharga 430 Yen, Nami (Reguler) 490 Yen, dan Oomori (Besar) 610 Yen.

Sayangnya di Sukiya jika anda memesan gyudon tak langsung diberikan sup miso secara gratis sehingga anda harus memesan secara terpisah. Sup miso nya dijual seharga 80 Yen. Jika anda ingin memesannya berdampingan dengan salada, maka anda bisa menambahkan salada set (Sup Miso dan Salada) seharga 130 Yen.

Di Sukiya terdapat pula menu andalan lainnya, seperti Takana Mentai Mayo Gyudon, Wasabi Yamakake Gyudon, dan juga berbagai macam Nasi Kare.

Takana Mentai Mayo Gyudon
Takana Mentai Mayo Gyudon

Di Sukiya anda memesan makanan langsung kepada pelayannya.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.