Menang Meyakinkan Atas Iran, Jepang Lolos ke Final Piala Asia 2019




Yuya Osako merayakan golnya ke gawang Iran | PHOTO: Kaoru Watanabe/GEKISAKA

Pertandingan semi final Piala Asia 2019 yang mempertemukan wakil tersisa dari Asia Timur, yakni Jepang menghadapi Iran telah berlangsung di Stadion Hazza Bin Zayed tanggal 28 Januari 2019. Semenjak dimulainya babak pertama, Yuya Osako dan kolega langsung menggempur pertahanan Iran. Beberapa kali peluang tercipta, sayangnya belum ada yang berhasil dimanfaatkan.

Meski menguasai jalannya pertandingan, tetapi Jepang kerap kali harus menahan serangan-serangan dari Iran. Shuichi Gonda yang dipercaya menjaga gawang Jepang berhasil melakukan penyelamatan gemilang di menit ke-28 ketika barisan pertahanan gagal mengantisipasi tendangan dari Sardar Azmoun. Kedudukan pun bertahan sama kuat 0-0 hingga turun minum.

Di babak kedua, Jepang sama sekali tidak mengendurkan serangan mereka. Beberapa kali terjadi jual beli serangan di lini tengah membuat pertandingan tampak seru dan menegangkan. Samurai Biru akhirnya berhasil membuka keunggulan di menit ke-56.

Takumi Minamino yang sedang menggiring bola sempat terjatuh akibat terbentur pemain bertahan Iran. Namun ia segera bangkit dan mengejar bola karena wasit tidak meniup peluit, sementara pemain Iran bergegas menuju wasit untuk melakukan pembelaan. Kemudian, ia memberikan umpan silang yang berhasil disambut dengan sundulan oleh Yuya Osako dan memasukkannya ke gawang Iran.

Memimpin 1-0 membuat permainan Jepang menjadi lebih terbuka. Mereka pun semakin gencar melakukan serangan sampai akhirnya di menit ke-67, tim asuhan Hajime Moriyasu diberikan hadiah pinalti lantaran salah seorang pemain Iran melakukan handsball di dalam kotak terlarang. Meski sempat memastikan lewat VAR, hal itu tidak mengubah keputusan wasit yang tetap memberikan pinalti kepada Jepang.

Yuya Osako yang menjadi algojo sukses menjebol gawang Iran untuk kali kedua di pertandingan tersebut. Tertinggal dua gol membuat para pemain Iran kian memanas, beberapa kali terjadi pelanggaran dan bahkan sempat terjadi sedikit keributan. Ketika memasuki injury time babak kedua, Genki Haraguchi berhasil menambah keunggulan sekaligus menutup pesta gol Jepang.

Berawal dari kesalahan pemain belakang Iran, Takumi Minamino langsung melakukan serangan balik cepat dengan memberikan umpan terobosan kepada Haraguchi. Ia berhasil melewati hadangan pemain belakang Iran dan sepakan kerasnya mampu menghujam gawang yang dikawal oleh Alireza Beiranvand.

Kedudukan 0-3 pun bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Hasil ini mengantarkan Jepang lolos ke babak final yang akan berlangsung tanggal 1 Februari 2019 mendatang. Maya Yoshida dan kolega masih harus menunggu hasil pertandingan antara Qatar melawan Uni Emirat Arab yang akan berlangsung 29 Januari 2019 untuk menentukan siapa yang akan menjadi lawan mereka di final nanti.

Sebagai informasi tambahan, ini merupakan kali kelima Jepang lolos ke partai final dari delapan gelaran Piala Asia. Samurai Biru sukses menjadi juara pada empat partai final sebelumnya. Mampukah Jepang kembali menjadi juara untuk yang kelima kalinya di Piala Asia 2019?

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.