Mempelajari Tips Berwisata Dari Naruto




Ketika kita sedang menyusun rencana untuk travelling, bayangan yang ada di kepala adalah perjalanan yang menyenangkan, dan bisa melupakan kepenatan dengan pekerjaan.

Namun, terkadang saat kita menjalaninya, tidak semua berjalan dengan semua yang kita rencanakan dan pikirkan sejak awal, terutama ketika kita melakukan perjalanan keluar negeri. Faktor bahasa mungkin menjadi kendala utama yang kadang bisa membuat kita menghadapi masalah dan bahkan tersesat.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, memang ada baiknya kita mencari informasi tentang tempat atau negara yang akan kita kunjungi. Setidaknya kita sudah mempersiapkan sampai kondisi terburuk yang harus kita hadapi.

Kali ini, The Daily Japan akan mencoba membantu tips untuk bertahan saat melakukan travelling dengan cara yang unik! Kita akan mempelajarinya dari salah satu anime terkenal dari Jepang yaitu Naruto!

Ready? Here we go!

1. Berpikir sebelum melakukan sesuatu!

n1

Jika ada karakter dalam Naruto yang sering bertindak tanpa berpikir, itu tentu saja Uzumaki Naruto. Ia memiliki keberanian untuk menghadapi semua musuh yang membahayakan desanya kecuali jika ia menilai lawan yang dihadapi sepuluh kali atau mungkin seratus kali lebih kuat darinya. Sering kali juga sikap impulsif Naruto membuat orang-orang yang berada disekelilingnya terjebak dalam bahaya.

Jika Anda seorang turis asing yang datang ke negara orang, maka lebih baik mengambil langkah mundur dan berpikir sebelum melakukan sesuatu yang membayakan karena hal  ini dapat menempatkan Anda kedalam masalah. Contoh kecilnya adalah jika Anda seorang perokok,  harus berpikir dan melihat sekitar jika ingin merokok di Jepang.

Ingat, tidak seperti Naruto, Anda mungkin tidak memiliki seseorang yang memiliki pengetahuan luas serta ahli dalam taktik seperti Kakashi-sensei di sisi Anda. Jadi pikirkan terlebih dahulu.

2. Bertanya kepada teman ketika menghadapi masalah

n2

Melakukan perjalanan sendiri ataupun berkelompok, Anda sudah harus tahu siapa yang akan dihubungi ketika menghadapi masalah. Meminta bantuan atau informasi dari teman yang dipercaya akan membantu Anda memecahkan masalah.

Ingat, Lima Kage saja menyadari mereka membutuhkan bantuan dari banyak orang untuk menyelesaikan misi sehingga menugaskan mereka berkelompok.

Jika Anda tersesat atau membutuhkan informasi tentang posisi dimana saat itu Anda berada, jangan pernah ragu untuk bertanya kepada teman atau tim.

Dan tentu saja, koneksi internet sangat dibutuhkan karena jika Anda melakukan perjalanan ke Jepang, akan sulit menanyakan info kepada penduduk lokal jika kita tidak bisa berbahasa Jepang.

3. Pelajari daerah atau wilayah

n3

Ini adalah dasarnya. Jika Anda tidak begitu mengetahui tempat tujuan, maka harus mempelajari info dari tempat tersebut. Anda munuju kemana? Apa tanda atau simbol dari tempat yang akan dituju?

Naruto telah memberi kita banyak cerita yang menarik dari perjalanan menjelajahi  5 desa tersembunyi. Meskipun cerita ini sepenuhnya fiksi, kita mendapatkan banyak pelajaran.

Sebelum Anda mengunjungi sebuah daerah yang asing, anda harus mempersiapkan rencana yang matang. Mengenal karakter orang-orang dari daerah tersebut.

Contohnya adalah karakter penduduk Tokyo dan Osaka itu berbeda, jadi kita harus bisa mempelajari dan membedakan situasi ketika melakukan perjalanan ke dua kota tersebut.

Selain itu, cobalah mencari tahu titik-titik hot spot atau free wifi jika anda tidak memiliki koneksi internet untuk mencari informasi tambahan saat sudah berada di daerah tersebut.

4. Mempersiapkan semua kebutuhan

n4

Katakanlah Anda sudah mengenal daerah atau tempat yang dituju atau bisa berbahasa Jepang, ini bukan berarti untuk tidak mempersiapkan semua kebutuhan dari yang terkecil sampai yang terbesar.

Jika ingin mendaki gunung Fuji, jangan lupa untuk membawa botol minuman, baju penghangat dan segala kebutuhan lainnya. Melakukan wisata bukan hanya sekedar membawa tubuh dan uang tapi membawa barang-barang perlengkapan.

Hal ini seperti yang biasa dilakukan oleh tim 7 (Kakashi, Naruto, Sasuke, Sakura, Sai) di Shippuden dimana mereka selalu mempersiapkan segala kebutuhan mereka sebelum berangkat untuk melakukan misi.

5. Tetap Tenang dan tetap makan!

n5

Apa yang harus dilakukan ketika tersesat atau nyasar di Jepang dan tidak bisa berbahasa Jepang? Usahakan untuk tetap tenang dan jangan panik. Lihat sekeliling, mungkin ada rumah makan ramen atau sushi. Isi perut terlebih dahulu untuk kembali menenangkan pikiran.

Naruto dan teman-temannya selalu tidak lupa makan sebelum atau sesudah melakukan misi. Karena dengan perut yang kenyang, Anda akan bisa bepikir dengan jernih untuk melakukan tindakan selanjutnya.

Sumber: Naruto Wiki & JPN Info

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.