Memanjakan Para Lansia di Hari Penghormatan Orang Usia Lanjut




Setiap tahunnya di bulan September, Jepang mengadakan sebuah perayaan yang dikhususkan untuk para orang-orang usia lanjut. Perayaan yang dilakukan setiap hari Senin minggu ketiga di bulan September ini disebut sebagai Keirō No Hi (敬老の日; Hari Penghormatan Orang Usia Lanjut).

Ide dari perayaan ini muncul dari Kadowaki Masao, seorang kepala desa di Prefektur Hyogo yang mengusulkan tanggal 15 September sebagai Toshiyori No Hi (Hari Orang Tua).

Sejak tahun 1950, perayaan ini terus meluas keseluruh Jepang dan kemudian dijadikan salah satu hari peringatan nasional.

Di tahun 1964 nama Toshiyori No Hi berubah menjadi Rōjin No Hi (Hari Orang Usia Lanjut) karena penggunaan kata Toshiyori (orang tua) dianggap kurang sopan. Di tahun 1966 perayaan ini dijadikan salah satu hari libur nasional dan kembali mengalami perubahan nama menjadi Keirō No Hi (Hari Penghormatan Orang Usia Lanjut).

Pada tahun 2003, Keirō No Hi tidak lagi dirayakan pada tanggal 15 September. Mengikuti Happy Monday System, Keirō No Hi kini dirayakan setiap hari Senin minggu ketiga di bulan September. Pada tahun ini Jepang akan merayakan Keirō No Hi pada tanggal 19 September.

Hari libur ini digunakan oleh orang-orang Jepang untuk memberikan perhatian khusus bagi orang-orang usia lanjut, seperti membagikan bento secara sukarela kepada para orang-orang usia lanjut yang ada di lingkungan tempat tinggal mereka.

Pada Keirō No Hi mereka juga mengadakan sebuah pertunjukkan bernama Keirokai. Dipertujukkan ini para pemuda dan anak-anak akan menampilkan tarian dan lagu yang dipersembahkan untuk para orang-orang usia lanjut yang hadir.

Setelah pertunjukkan selesai, orang-orang usia lanjut akan disuguhkan dengan teh, kue, dan makan siang.

Perayaan Keirō No Hi tidak harus selalu dirayakan secara meriah. Para cucu biasanya akan merayakan Keirō No Hi dengan membantu kakek-nenek nya melakukan pekerjaan rumah, memberi bunga atau hadiah.

Keluarga-keluarga di Jepang biasa merayakan Keirō No Hi dengan berkumpul bersama dan berdoa untuk kesehatan kakek-nenek mereka. Karena inti dari Keirō No Hi adalah untuk mengingat dan menyenangkan orang-orang usia lanjut yang keberadaannya terkadang terlupakan.

Foto: Google

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.