Medali Olimpiade Tokyo 2020 Akan Dibuat Dari Sampah Elektronik




Medali untuk Olimpiade Tokyo 2020 akan dibuat dari ponsel sumbangan warga Jepang yang didaur ulang

Ketua Komite Olimpiade Tokyo 2020 menghimbau agar warga Jepang mendonasikan ponsel bekas atau yang sudah tidak digunakan untuk didaur ulang sebagai bahan pembuatan medali.

Panitia penyelenggara Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020 telah menjuk perusahaan raksasa komunikasi NTT DoCoMo dan Japan Environtmental Sanitation Center sebagai mitra mereka untuk pembuatan medali.

Nantinya diharapkan mendapatkan sampah elektronik sebanyak 8 ton yang diperkirakan akan menghasilkan 3 ton bahan baku yang dibutuhkan untuk membuat medali emas, perak, dan perunggu.

“Medali Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020 akan dibuat dari hasil pikiran dan apresiasi masyarakat untuk menghindari pemborosan. Saya kira ini pesan penting bagi generasi mendatang,” kata Kohei Uchimura, atlet senam Jepang yang sudah memenangi tiga medali emas Olimpiade.

Pihak NTT DoCoMo akan menyediakan 2.400 kotak pengumpulan di berbagai gerainya dan sejumlah titik pengumpulan lain di aneka kantor publik yang belum ditentukan. Pihak berwenang membidik jutaan ponsel masuk ke dalam semua kotak pengumpulan tersebut.

“Kami meminta orang untuk mendonasikan (ponsel) secara sukarela,” ujar Hidemasa Nakamura, kepala keuangan dari pihak penyelenggara. “Konsepnya adalah daur ulang dan keberlanjutan, yang sejalan dengan cita-cita Gerakan Olimpiade. Hal ini juga tentang partisipasi. ”

Sumber: japan times

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2217 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.