Malam Natal, Saatnya Orang Jepang Berbondong-bondong Makan KFC!




Orang Jepang menghabiskan malam Natal mereka dengan makan ayam KFC

Kentucky Fried Chicken (KFC) memiliki banyak cerita menarik di Jepang. Bagi warga Kansai, khususnya para pendukung klub baseball Hanshin Tigers, sosok Colonel Harland David Sanders adalah kutukan. Mereka percaya jika pendiri KFC itu adalah salah satu penyebab klub kebangaan mereka gagal menjadi juara Liga Baseball Jepang hingga sekarang.

Cerita menarik lain dari KFC di Jepang dapat ditemukan saat perayaan Natal. Umumnya, saat malam Natal, umat Kristiani akan merayakannya dan berdoa di gereja. Namun di Jepang berbeda, banyak dari penduduknya yang menghabiskan malam Natal dengan makan ayam KFC.

Baca Juga
Budaya dan Tradisi Perayaan Natal di Jepang
Hanshin Tigers dan Kutukan Kolonel Sanders
Bagaimanakah Tahun Baru di Jepang?
Tradisi Perjodohan Omiai Masih Populer Hingga Sekarang di Jepang

 

Sebelum dinilai bisa menyinggung satu agama tertentu, perlu diketahui jika orang Jepang merayakan Natal bukanlah karena memeluk agama Kristen. Sebagai penyuka perayaan dan festival, mereka melakukannya karena menganggap hal itu menarik dan merupakan peluang bisnis yang menguntungkan bagi para pelaku usaha.

Perayaan Natal di Jepang seperti perayaan Halloween dan Valentine. Merayakan atau tidak, orang Jepang akan berpartisipasi. Makan ayam KFC saat Natal bagi mereka seperti makan coklat saat Valentine.

Kembali lagi ke KFC, sudah bukan rahasia umum jika Jepang (kadang) sangat berkiblat ke Amerika Serikat. Ketika KFC mengeluarkan promo jika orang-orang di Negara Paman Sam merayakan malam Natal dengan memakan ayam, masyarakat Negera Matahari Terbit pun mengikuti.

KFC Jepang juga harus berterima kasih kepada Takeshi Okawara, manajer pertama KFC di Negeri Sakura. Sesaat setelah restoran ini dibuka pada 1970 di Nagoya, Okawara bangun di tengah malam dan menuliskan ide yang datang melalui mimpi: sebuah “ember pesta” untuk dijual disaat Natal.

Hingga akhirnya di tahun 1974, KFC melakukan pemasaran nasional dengan menyebutnya  “Kurisumasu ni wa kentakkii!” (Kentucky for Christmas!). Promosi ini sukses besar, banyak orang berbondong-bondong makan ayam KFC di malam Natakl. Okawara pun naik menjadi presiden dan CEO dari KFC Jepang 1984-2002.

Setelah itu, setiap tahunnya, KFC selalu melakukan promo yang berbeda dan menarik dalam perayaan Natal. Menu khusus pun selalu mereka siapkan. Tak heran akhirnya toko-toko KFC menjadi salah satu tempat yang paling ramai dikunjungi di seluruh wilayah Jepang.

Mereka akan makan malam di KFC bersama kekasih, kerabat, dan pastinya patung Col. Harland Sanders. Para pendukung Hanshin Tigers pun akan melupakan sejenak dendam mereka kepada sang pendiri KFC. Berdasarkan data dari KFC Jepang, sekitar 3.6 juta keluarga di Jepang menyantap ayam KFC saat merayakan Natal tahun lalu.

Bagi kalian, tradisi ini mungkin terlihat aneh. Tapi, seperti yang sudah sering kita dengar, aneh bagi kita atau penduduk negara lain adalah hal yang normal untuk orang Jepang.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2222 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.