Berbagai Macam Makanan Khas Okinawa




Makanan Khas Okinawa

Selain terkenal sebagai pantainya yang indah, Okinawa juga memiliki banyak makanan khas yang mungkin jarang Anda temui. Rasanya yang berbeda dengan di daerah lain, semakin menambah nikmat makanan yang ada di wilayah paling selatan di Jepang ini.

Baca Juga
Jepang Membayar 4 Juta USD Untuk Mendapatkan Kembali Okinawa
Okinawa, Sepotong Keindahan dari Surga di Selatan Jepang
Patung Buddha Kamakura Adalah Simbol Religius dan Perjuangan
Foto-Foto Jepang 100 Tahun yang Lalu

 

Apa saja kuliner yang menarik di Okinawa? Mari simak di bawah ini!

1. Goya Champuru

SANYO DIGITAL CAMERA

Goya Champuru merupakan makanan khas yang berbahan dasar daging babi. Bahan dasar lainnya yang anda dapat temukan dalam sepiring Goya Champuru adalah labu, tahu, telur, dan pare dengan rasa pahit yang khas.

2. Okinawa Soba

soba

Okinawa Soba, meskipun tidak berbeda jauh dengan mie tradisional Jepang (mie soba), namun Okinawa Soba lebih kenyal dan tebal. Mie ini disajikan dengan kuah kaldu daging babi, taburan ikan bonito dan konbu, topping iga (soki) yang khas, serta dihiasi dengan acar jahe dan daun bawang.

Adanya perpaduan dari beberapa bahan sekaligus ini, tidak hanya memberikan rasa yang tegas, namun juga menjadikan mie ini sebagai sajian khas Okinawa yang banyak digemari.

3. Umibudo

umibudo

Umibudo (anggur laut) merupakan sejenis rumput laut halus yang bentuknya menyerupai sekumpulan anggur. Makanan ini disajikan dengan saus ponzu (saus berbahan dasar jeruk nipis) yang akan menciptakan rasa seperti kaviar.

4. Nasi Taco Okinawa

taco

Nasi Taco Okinawa merupakan semangkuk nasi dengan topping sapi yang telah dibumbui, keju, dan salsa.

Menu makanan ini merupakan salah satu peninggalan dari para militer AS yang membawa masakan ini ke Okinawa dan saat ini telah menjadi spesialisasi di banyak restoran di seantero Jepang.

5. Tofuyu Okinawa

Tofuyu okinawa

Tofuyo merupakan makanan fermentasi yang dibuat dengan Okinawa tahu yang direndam dalam Benikoji dan Awamori. Rasanya yang nikmat menjadikan tahu fermentasi ini populer di kalangan bangsawan pada zaman dinasti Ryukyu.

Rasanya yang kaya akan keju akan membuat ingin memakan lebih setelah Anda merasakannya karena pada umumnya Tofuyo disajikan dalam bentuk potongan kubus kecil.

Setelah membaca artikel wisata dan kuliner di Okinawa, apakah kalian terarik untuk berlibur kesana?

Tulisan dari Mashita Fajri Maysuro

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.