Satu Hari Berbahasa Jepang di Museum Bersama Aki no Sora




Pada hari Sabtu (21/05/2016) kemarin, tim The Daily Japan mengunjungi acara Nihongo no Hi yang diadakan oleh Aki no Sora.

Aki no Sora merupakan institusi bahasa Jepang yang menyediakan training/pendidikan bahasa Jepang dan solusi untuk bidang bisnis yang bertempat di Bandung.

Nihongo no Hi sendiri adalah adalah salah satu program rutin dari Aki no Sora yang diadakan untuk menarik minat masyarakat dalam mengenali dan mempelajari budaya dan bahasa Jepang. Sesuai dengan namanya, ini adalah hari berbahasa Jepang.

Acara ini diadakan setiap pekan pada hari Sabtu, dan terbuka untuk umum. Dalam Nihongo no Hi setiap peserta akan diminta untuk berbicara menggunakan bahasa Jepang selama sehari penuh sambil mengikuti kegiatan-kegiatan sesuai dengan tema yang telah ditentukan.

Selama kegiatan berlangsung para peserta akan dibimbing oleh para sensei sehingga tidak perlu khawatir bila masih belum fasih berbahasa Jepang.

aki2
Nihongo no Hi yang kami hadiri kemarin bertema 博物館へ行こう (Hakubutsukan e Ikou) atau pergi ke museum. Sebelum kegiatan dimulai para peserta diberi pengarahan dan  kertas panduan yang berisi kosakata bahasa Jepang yang sesuai dengan tema.

Setelah pengarahan selesai para peserta dibawa mengelilingi musium dan Sensei menjelaskan hal-hal apa saja yang ada didalamnya

Setelahnya para peserta diminta untuk menjelaskan mengenai hal menarik apa yang mereka temukan dan memberikan kesan dan pesan mengenai kegiatan hari itu, semua dalam bahasa Jepang tentunya.

Para peserta yang hadir pun tampak begitu antusias dan bersemangat ketika harus menjelaskan, meskipun banyak yang terlihat gugup, mereka berusaha sebaik mungkin dalam berbahasa Jepang.

Acara ini telah berjalan selama satu tahun terakhir. Setiap minggu selalu ada banyak peserta dari berbagai usia yang datang untuk ikut berpartisipasi.

aki3

Selain berusaha untuk menarik minat masyarakat dalam mempelajari dan mengenali budaya serta bahasa Jepang, Nihongo no Hi juga diharapakan dapat menjadi wadah dan tempat latihan bagi para penstudi bahasa Jepang.

Tdak sedikit dari mereka yang tidak bisa menemukan tempat untuk mengekspresikan diri dalam berbahasa, selain itu bahasa akan lebih mudah dikuasai bila terus menerus digunakan, seperti yang dijelaskan oleh Aulia-sensei.

Bagi para pembaca yang ada di Bandung tidak ada salahnya untuk mencoba berpartisipasi dalam Nihongo no hi karena kalian bisa mengasah bahasa Jepang kalian sambil mendapat pengalaman yang menyenangkan.

Jangan takut untuk mencoba karena para sensei yang baik hati akan selalu siap membantu, oh ya jangan lupa follow social media Aki no Sora untuk info Nihongo no hi selanjutnya ya!

Facebook : https://www.facebook.com/AutumnSkyID
Twitter : https://twitter.com/AkiNoSoraID
Instagram : https://www.instagram.com/akinosora.id/
Website : http://www.akinosora.co/

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2225 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.