Layanan Kencan Kilat Sedang Digandrungi di Jepang




Para peserta layanan kencan kilat yang diselenggarakan di Tokyo

Semakin menurunnya jumlah populasi penduduk memang jadi salah satu perhatian pemerintah Jepang. Jumlah anak-anak di Jepang yang berusia dibawah 14 tahun terus menurun  hingga menyentuh angka 16.05 juta per April 2016 yang menjadi titik terendah dalam 35 tahun terakhir.

Salah satu penyebab menurunnya populasi Jepang adalah jumlah pernikahan yang juga kian menurun. Beberapa faktor yang membuat orang Jepang menjauhi pernikahan adalah gaji pekerja yang tidak cukup untuk menghidupi keluarga. Sementara wanita Jepang ‘takut’ untuk menikah karena jika nantinya memiliki anak akan mengancam karir mereka di bidang pekerjaan.

Salah satu upaya pemerintah Jepang untuk menaikan minat pernikahan penduduknya adalah mendorong maraknya layanana kencan kilat. Terbukti layanan ajang mencari jodoh secara singkat ini ternyata digandrungi oleh banyak orang yang berharap mendapatkan pasangan setelah mengikutinya.

kencan1

Dalam acara kencan singkat ini, para peserta diwajibkan untuk memakai masker berwarna putih. Penampilan luar bukanlah segalanya. Paling tidak itulah yang ingin dibuktikan oleh salah satu biro jodoh di Tokyo yang menggelar acara ini.

“Untuk sampai ke pernikahan, adalah penting untuk berkesempatan mengetahui kepribadian dan nilai-nilai yang dianut calon pasangan pada tahap-tahap awal,” ujar Kei Matsumura, kepala biro jodoh Def Anniversary di Tokyo.

Kami memilih masker bedah sebagai alat esensial untuk itu.”

kencan2

Metode ini juga dinilai positif oleh banyak peserta yang merasa mereka tidak merasa minder terhadap pasangan yang mereka ajak bicara.

“Karena saya tidak dinilai berdasarkan penampilan luar, saya menjadi lebih santai menghadapi perempuan,” ujar Yasumasu Kishi, 28, pada sebuah acara perjodohan dengan peserta 19 laki-laki dan 18 perempuan.

Pemerintah Jepang kini berharap layanan ini akan semakin meningkatkan minat penduduknya untuk membangun rumah tangga hingga berujung memiliki anak. Mereka juga meningkatkan pembangunan akses perawatan anak gratis, dan juga pusat konseling di seluruh wilayah negara tersebut, agar warga dapat memperoleh layanan peningkatan kesuburan.

Foto: Reuters/Kim Kyung-Hoon

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.